[Asinan Blogger] Workshop Optimasi Media Sosial untuk UKM – 1

Berangkat dari keinginan untuk memberikan manfaat di wilayah Bogor, mengawali tahun 2018 Asinan Blogger menginisiasi untuk mengadakan event untuk pertama kalinya. Tema yang dipilih adalah bagaimana cara mengoptimasi Media Sosial untuk UKM. Dengan 2 kali pertemuan langsung dan dilanjutkan dengan diskusi-diskusi di grup whatsapp, maka hari Sabtu kemarin, 3 Februari 2018 event pertama Asinan Blogger berhasil diselenggarakan.

Narasumber kali ini ada 2 yaitu :

  1. Kang Achoey, pemilik Mie Janda (MJ)
  2. Shintaries, founder Blogger Perempuan

Kang Achoey – Lejitkan Bisnis dengan Medsos 

foto milik anggota asinan blogger

Nama aslinya Cucu Haris, tapi dunia digital lebih mengenalnya dengan nama Kang Achoey. Beliau adalah pemilik Mie Janda (MJ), sebuah bisnis mie ayam sehat tanpa MSG yang dirintisnya sejak 2008. Pada acara kali ini Kang Achoey berbagi pengalaman tentang bagaimana digital marketing telah mendukung produk yang dijualnya menjadi market dilingkungan sekitar dalam waktu kurang dari 2 tahun.

Hal penting yang harus dimiliki oleh sebuah bisnis adalah :

Segmenting, Targeting, Positioning (STP)

Pasar tempat di mana produk akan di“lempar” sangat luas. Namun pasar bisa dikelompokkan berdasarkan kebutuhan, karakteristik atau perilaku yang sama. Menentukan ke kelompok pasar yang mana produk akan dijual menjadi penting agar penjualan menjadi tepat sasaran. Pebisnis harus jeli untuk menemukan ceruk pasarnya.
Setelah menentukan kelompok pasar, sasaran calon pembeli dipersempit lagi. Misalnya mulai menentukan jenis kelamin, status ekonomi, kelompok umur, jenis pekerjaan, dll.
Kemudian menentukan positioning, yaitu apa yang akan ada di benak pelanggan saat melihat atau mendengar produk kita.
Yang sering terjadi dari kegagalan sebuah bisnis adalah ketidakcocokan antara produk yang dijual dan sasaran pasar di mana produk di“lempar”.

Unique Selling Preposition (USP)

Sekarang ini berjuta-juta produk sudah ada pasaran. Untuk memenangkan kompetisi di pasar, maka produk kita harus memiliki USP.
Ciri-ciri dari produk yang sudah memiliki USP adalah sebagai berikut :

  • Benar-benar unik
  • Sangat menyenangkan dan seru bagi target market
  • Sesuatu yang dibicarakan banyak orang
  • Sesuatu yang tidak mudah ditiru. Meskipun bisa ditiru, maka tiruannya akan dianggap tiruan murahan.

Sadar Brand

foto milik anggota asinan blogger

Jika diibaratkan tubuh kita, maka brand bisa dibagi menjadi 3, yaitu :

  • Logo merupakan wajah
  • Brand (merek) merupakan tubuh
  • Branding adalah jiwa

Brand yang tidak dibangun menjadi branding yang kuat biasanya akan membuat bisnis jalan di tempat, tidak berkembang atau hanya begitu-begitu saja.

Kang Achoey juga bercerita bahwa kegiatannya menjadi seorang blogger (sebelum merintis usaha) telah membantunya membesarkan MJ. Hubungan pertemanan antar blogger aka persohiblogan membuat MJ jadi salah satu pilihan untuk berkumpul (kopdar), ditulis sebagai review di banyak blog tanpa diminta, dan seterusnya. Uniknya, setelah bertemu dengan seorang pakar digital marketing, Kang Achoey baru mengerti bahwa apa yang dilaluinya itu adalah efek dari internet marketing atau digital marketing. Jadi kegiatan-kegiatan yang diawali dari menjadi seorang blogger, kemudian menjadi seleb blog, dan seterusnya adalah langkah Kang Achoey dalam rangka membangun internet marketing tanpa disadari.

foto milik anggota asinan blogger

Rasanya masih banyak ilmu yang berhasil diserap dari sharing Kang Achoey kemarin itu. Ada satu hal yang menarik untuk ei catat terkait dengan media sosial. Media sosial jangan hanya digunakan untuk berjualan, tapi jadikan untuk tempat story telling atau berbagi pengalaman. Story telling akan membangun keterikatan emosi yang kuat antara pemilik media sosial dengan pengikutnya. Keterikatan emosilah yang akan sangat membuat para pengikut media sosial kita untuk ikut memasarkan bisnis yang kita punya dengan sukarela tanpa imbalan.

Oh iya, workshop kali ini didukung penuh oleh Net1 Indonesia. Net1 Indonesia adalah penyedia layanan internet dengan teknologi 4G LTE di frekuensi 450 MHz. Lebih lanjut tentang Net1 Indonesia ei bahas di postingan setelah ini ya ;-) .

(Visited 26 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *