[Asinan Blogger] Workshop Optimasi Media Sosial untuk UKM – 2

Postingan kali ini masih cerita dari event pertama Asinan Blogger yang mengusung tema cara mengoptimasi Media Sosial untuk UKM.

Net1 Indonesia

foto milik anggota asinan blogger

Seperti yang sudah disinggung sedikit di postingan sebelumnya, event Asinan Blogger kali ini didukung penuh oleh Net1 Indonesia.
Net1 Indonesia merupakan nama merek dagang layanan telekomunikasi dari PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (STI). Sebelumnya STI menyediakan layanan jaringan telepon CDMA dengan merek dagang Ceria. Sejak Desember 2015 STI bekerja sama dengan ICE Group (sebelumnya bernama AINMT International Holdings BV), perusahaan telekomunikasi internasional yang berbasis di Skandinavia, untuk memperluas dan meningkatkan jaringan nirkabel.

foto milik anggota asinan blogger

STI berhasil mengantongi izin untuk menggelar jaringan 4G LTE di frekuensi 450MHz secara nasional pada September 2016. Setelah lulus proses Uji Laik Operasi, STI hadir dengan komitmen untuk mewujudkan pemerataan akses internet berkualitas melalui layanan Net1 Indonesia.
Karakteristik dari spektrum frekuensi 450MHz yg jangkauannya dapat mencapai lebih dari 100 km, sangat cocok untuk diterapkan di lokasi yang memiliki wilayah luas dan penduduk yang tersebar secara geografis seperti Indonesia. Net1 Indonesia memfokuskan diri untuk membawa layanan 4G LTE ke daerah perdesaan dan sub urban.
Semoga STI sukses mewujudkan komitmennya ya!

foto milik anggota asinan blogger

Shintaries – Media Sosial sebagai market untuk usaha

Sekarang kita sampai ke materi yang dibawakan oleh narasumber kedua, Shintaries, founder dari Blogger Perempuan.

Konon menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) 95 persen dari pengguna internet di Indonesia menggunakan layanan internet untuk mengakses media sosial. Maka dari itu media sosial sangat bisa dijadikan pasar untuk melempar produk dari sebuah usaha.
Meskipun begitu tidak semua media sosial bisa disamaratakan untuk mendukung fungsi marketing dari sebuah usaha. Setiap media sosial memiliki karakteristik masing-masing yang mengarah ke spesifikasi fungsi dari alat bantu sebuah usaha.
Berdasarkan karakteristiknya maka fungsi dari media sosial Facebook, Instagram, Whatsapp dan Line adalah sebagai berikut :

  • Facebook : Promosi, etalase, channel penjualan
  • Instagram : Promosi, etalase, channel penjualan
  • Whatsapp : Penjualan, customer service
  • Line : penjualan, customer service
foto milik anggota asinan blogger

Facebook adalah salah satu media sosial yang paling tinggi angka penggunanya. Untuk mendukung sebuah usaha, Facebook memiliki dua alat bantu yang disebut Facebook Fan Page dan Facebook Ads. Facebook Fan Page berfungsi sebagai etalase yang menginformasikan segala sesuatu dari usaha yang perlu diketahui oleh calon pembeli misalnya produk yang dijual. Sementara Facebook Ads adalah alat bantu untuk mengiklankan Facebook Fan Page tadi.

foto milik anggota asinan blogger

Kelebihan yang ditawarkan oleh Facebook Ads adalah mengiklankan usaha ke pasar yang relatif lebih tepat sasaran karena sesuai dengan kategori yang diinginkan. Namun begitu Facebook Ads adalah alat bantu yang tidak gratis alias berbayar. Maka sebagai langkah awal, akun personal bisa dimanfaatkan sebagai alat usaha yang murah. Jika menggunakan akun personal sebagai alat usaha maka personal branding yang positif menjadi penting untuk dibangun.

Lagi-lagi banyak sekali tambahan wawasan yang didapat dari materi yang disampaikan Shintaries yang jika ei tuliskan semuanya di sini maka akan menghasilkan postingan bersambung yang panjang.
Salah satu tambahan wawasan yang menarik adalah ternyata warna dari logo dan merek (brand) memiliki sisi psikologis yang magis dalam menggaet calon pelanggan. Ada yang baru tau tentang hal ini? Seru ya!

foto milik anggota asinan blogger

 

 

(Visited 57 times, 1 visits today)

Comments 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *