Asus Zen Power, Powerbank seukuran Kartu Kredit

Dulu, waktu handphone bersistem operasi symbian masih jadi idola (udah, ga usah nebak2 umur ei gitu deh :-P  -red-) dan operator-operator telekomunikasi di Indonesia mulai menyediakan paket layanan blackberry dengan harga terjangkau, ei sering banget melupakan rasa malu untuk numpang nge-charge handphone atau blackberry di kasir cafe/restoran tempat ei makan.
Berjalan dengan waktu ternyata kebutuhan orang akan colokan listrik demi nge-charge gadget disadari oleh pemilik tempat umum. Mall, cafe, restoran mulai menyediakan spot-spot colokan listrik di beberapa lokasi meja/tempat duduk.

Pelaku industri teknologi mulai mengendus kebutuhan colokan listrik ini. Dan dibuatlah sebuah perangkat praktis yang mudah dibawa-bawa yang dapat mengisi batre gadget tanpa harus tersambung ke arus listrik. Perangkat praktis ini disebut powerbank
Powerbank ini sebenarnya berisi batre dan perlu di isi dengan menggunakan aliran juga. Jadi cara mensiasatinya adalah pada saat malam, Powerbank di isi sampai penuh untuk keperluan mobilitas gadget besok harinya.

Kapasitas dari powerbank bermacam-macam. Ei pernah punya dari yang hanya 2,600 mAh sampai yang 10,400 mAh. Teman ei bahkan ada yang punya dengan kapasitas 20,000 mAh. Kapasitas ini menandakan kemampuan powerbank mengisi batre. Jadi kalau mau beli powerbank sebaiknya di hitung dulu kapasitas yang diperlukan dengan menghitung jumlah kapasitas batre gadget yang digunakan. Hanya saja perlu diingat bahwa biasanya semakin besar kapasitasnya, ukuran power bank akan semakin besar dan berat untuk di bawa-bawa.
Buat ei sendiri sih powerbank hanya digunakan betul-betul kondisi darurat. Untuk keperluan recharge tablet beserta aksesorisnya dan juga sebuah modem mifi selama ini, powerbank dengan kapasitas 10,000-an mAh sudah lebih dari cukup.

By the way anyway busway, Asus punya lho powerbank dengan kapasitas 10,050 mAh. Hah?! Asus? Iya betul Asus.

Dilihat sepintas, desain Asus Zen Power ini sedikit mirip dengan brand lain yang sudah lebih dulu ada di pasar.
Kelebihannya adalah pada ukurannya sama dengan kartu kredit. Cocok banget buat yang suka gadget dan aksesorisnya dengan ukuran relatif kecil kayak ei.

PicsArt_1435559490245

Kelebihan yang lain dari Asus Zen Power ini adalah memiliki teknologi PowerSafe. Yaitu kemampuan untuk memantau temperatur, menjaga agar tegangan arus tetap stabil baik input maupun output dan juga menjaga dari terjadinya sirkuit pendek yang dapat membahayakan penggunanya selama charging dilakukan.
Asus Zen Power juga akan menghentikan arus input secara otomatis pada saat kondisi batre sudah penuh. Selain membuat umur batre powerbank lebih panjang juga hemat listrik donk tentunya ;-) .
Kemampuan ini rasanya belum dimiliki oleh powerbank dari produsen lain.

PicsArt_1435559907274

Nah, masih suka cari tempat duduk yang dekat colokan listrik di tempat umum demi nge-charge batre gadget? Asus Zen Power ini layak lho untuk menghentikan kebiasaan cari colokan listrik di tempat umum ;-)

(Visited 144 times, 1 visits today)

Comments 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *