Berkunjung ke Hangzhou #1

Beberapa waktu lalu, ei ditawari oleh kolega di kantor untuk mengikuti acara yang diselenggarakan oleh salah satu vendor yang diberi judul User Group Meeting. Inti dari acara ini adalah untuk mengumpulkan masukan dan juga usulan dari klien baik itu dari sisi produk ataupun layanan yang ada sekarang dan yang diperlukan di masa yang akan datang.
Materinya menarik dan ei juga belum pernah mendaratkan kaki ei di negara China. Tapi materinya dominan tentang Network (Jaringan), sementara bidang ei kan IT System Development dan Integration. Tapi setelah diskusi dengan sesama kolega dan juga si boss, akhirnya ei jadi berangkat bersama dengan 3 rekan lainnya. Yippiiieee (smileydance) .

Hari Pertama – Perjalanan

Jam keberangkatan pesawat yang tertulis di tiket adalah 8.20 pagi. Karena ini penerbangan internasional yang biasanya urusan di imigrasi lumayan memakan waktu, maka kita janjian untuk sampai bandara internasional Soekarno Hatta jam 6 pagi. Dan berhubung hari itu adalah Senin yang biasanya kondisi jalan sangat tidak bersahabat alias macet, jadi Ei berangkat dari Bogor dengan Bus Damri bandara jam 4.30.
Sampai bandara jam 6, dan tanpa menunggu lama semua peserta sudah kumpul semua.
Penerbangan tidak langsung ke Hangzhou, tapi transit di Hongkong. Penerbangan Jakarta-Hongkong adalah 5 jam. Sayang hanya 2 jam selisih waktu tiba di hongkong dengan jadwal penerbangan selanjutnya, jadinya kami hanya bisa memanfaatkan waktu tersebut dengan makan siang di dalam lingkungan bandara. Dan menemukan konter Popey*s yang memajang tulisan halal, alhamdulillah.

PicsArt_1433913201560

Selesai makan siang perjalanan dilanjutkan dengan penerbangan ke Hangzhou. Diperlukan waktu 2 jam penerbangan menuju Hangzhou dari Hongkong.
Menjelang mendarat di Hangzhou, kami semua agak khawatir karena awan sangat tebal, tidak terlihat daratan sama sekali. Alhamdulillah kami mendarat di bandara Hangzhou dengan selamat meskipun disambut dengan hujan deras.

PicsArt_1434441330649

Dari bandara Hangzhou kami langsung menuju hotel, ternyata lumayan jauh juga, 1 jam perjalanan. Setelah urus check in, kami keluar untuk mencari makan malam. Selesai makan malam langsung kembali ke hotel, tidak mampir2 lagi karena selain sudah jam 11 malam juga perjalanan hari ini sudah cukup melelahkan.

Hari Kedua

Hari kedua acara dimulai dari pembukaan di pagi hari dari pihak penyelenggara dan speech dari beberapa top leaders perusahaan telekomunikasi dunia.

PicsArt_1434356517314
Acara ini betul-betul dipersiapkan dengan matang. Total yang hadir lebih dari 300 peserta dari berbagai perusahaan telekomunikasi dunia. Setiap meja disediakan gadget untuk digunakan selama acara berlangsung plus alat untuk melakukan realtime voting.
Reatime voting dilakukan untuk mendapatkan masukan dari peserta sebagai konsumen penyelenggara. Masukan ini nantinya dijadikan referensi pagi si penyelenggara untuk improvement produk-produk mereka ke depannya. Serius banget kan ya …

PicsArt_1434356614751

Setelah jam makan siang, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok diminta untuk berdiskusi dan menentukan Top Issues terkait dengan produk dan jasa si penyelenggara dan juga menyusun ide produk atau layanan baru yang diperlukan dari si penyelenggara setahun yang akan datang. Diskusi dilakukan di atas perahu di West Lake, danau yang menjadi ikon kota Hangzhou. Sambil berdiskusi, semua perahu sambil berjalan mengelilingi danau. Jadi meskipun materinya serius, tapi diskusi dilaksanakan dengan santai.

Setelah sesi diskusi selesai, perahu mendarat di tempat diadakannya gala dinner. Sambil menikmati hidangan makan malam, peserta di suguhi dengan atraksi-atraksi di panggung.

PicsArt_1434428187390

Hari Ketiga

Hari ketiga di dominasi dengan pengenalan produk jagoan baru dari si penyelenggara. Setelah makan siang, peserta dikelompokkan berdasarkan wilayah regional. Masing-masing kelompok melanjutkan acara di tempat yang berbeda.

PicsArt_1434428975842

Hari Keempat

Hari keempat diawali dengan sharing session dari beberapa operator penyelenggara LTE dunia. Sharing yang diberikan berkisar tentang berapa luas wilayah yang dilayani, berapa banyak BTS (Base transceiver station) yang di bangun untuk luas wilayah tersebut, layanan apa yang paling populer dan mendominasi konsumsi bandwidth, dll.

Setelah coffee break, acara selanjutnya adalah mengunjungi site BTS, mencoba kualitas 4G LTE di jalan raya dengan menggunakan mobil dan berkunjung ke satu operator lokal yang menggunakan perangkat dari penyelenggara.

PicsArt_1434429729785

Selesai kunjungan, seluruh peserta kembali ke hotel untuk makan siang.
Acara resmi dari penyelenggara sudah bisa dibilang selesai. Tapi kami masih punya waktu sampai besok harinya untuk mengenal kota Hangzhou lebih jauh. Apa saja yang dilakukan atau tempat apa saja yang dikunjungi? Tunggu di postingan berikutnya ya … ;-)

(Visited 113 times, 1 visits today)

Comments 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *