Berkunjung ke kantor Tokopedia

Dulu ei pernah dikasih tau kalau bagi orang dewasa, waktu sehari 24 jam itu dalam penggunaannya, secara ideal dibagi sebagai berikut : 8 jam untuk sekolah/kerja, 8 jam untuk leisure time (waktu luang), 8 jam untuk tidur.
Pada kenyataannya pembagian waktu sehari seperti di atas sudah susah untuk di implementasikan. Ada komponen yang saat ini wajib diperhitungkan dengan munculnya kemacetan di kota-kota besar di pulau Jawa, yaitu waktu perjalanan. Ditambah lagi untuk posisi tertentu di beberapa industri waktu kerja 8 jam sehari tidaklah cukup.

Dengan kondisi-kondisi di atas itu, sepertinya ngga salah kalau ei bilang untuk para pekerja, di hari kerja, porsi waktu terbanyak di habiskan di kantor. Sementara itu, dalam seminggu hari kerja adalah 5-6 hari dari total 7 hari. Wiiiiihhh… banyak banget kan ya waktu yang dihabiskan di kantor.
Mungkin berdasarkan hal ini, beberapa perusahaan di Jakarta sudah mulai mendekor kantornya supaya lebih friendly dan homey buat karyawannya. Salah satunya perusahaan itu adalah Tokopedia.

Masih ada yang tanya Tokopedia itu apa? Masa sih? Sebenernya sih ei ngga percaya kalo masih ngga tau, tapi ini kasih tau supaya ngga kudet ya :-D .
Tokopedia adalah salah satu brand yang meramaikan jagad marketplace yang jumlahnya masih dalam hitungan jari di Indonesia. Terus, marketplace itu apa? Beda lho dengan toko online.
Ei ambil gampangnya aja ya, marketplace adalah sebuah tempat di internet dimana terjadi transaksi jual beli. Di marketplace tentunya ada penjual dan pembeli.
Jadi di Tokopedia itu banyak sekali toko online yang memajang etalase dagangannya. Juga banyak pembeli yang sebelumnya mendaftar terlebih dahulu sehingga tersimpan data yang bisa dipertanggungjawabkan.
Di Tokopedia uang pembayaran dari pembeli akan ditahan dahulu sebelum dibayarkan. Toko online yang mempunyai lapak di Tokopedia baru akan menerima pembayaran setelah barang diterima oleh si pembeli. Pemesanan pun baru dilakukan Tokopedia ke penjual jika pembayaran dari pembeli sudah tuntas. Tentunya hal ini ditujukan untuk melindungi penjual dan pembeli dalam waktu bersamaan.

Okey, kembali ke kantor Tokopedia ya.
Hari Sabtu, 19 September lalu ei berkesempatan berkunjung ke kantor Tokopedia. Saat itu Tokopedia bekerja sama dengan komunitas Blogger Perempuan mengadakan acara dengan tema : Ngobrol Cantik Tokopedia.

PicsArt_09-25-11.46.25
#NgobCanToped #TemuBloggers

Suasana serba hijau di kantor Tokopedia terasa jadi penyegar buat 5 blogger asal Bogor yang sampai ditempat tujuan setelah melalui perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan, ditambah dengan musibah tilang karena salah jalan :-D .

Masih cocok kan ya ei jadi generasi Y ? #eh
Masih cocok kan ya ei jadi generasi Y ? #eh

Hijau adalah warna yang identik dengan alam dan dapat memberikan suasana tenang dan santai. Suasana tenang dan santai dipercaya dapat menunjang pencarian ide-ide kreatif. Dan ini diadopsi oleh Tokopedia. Terlebih lagi dari hasil ngobrol dengan pihak Tokopedia, karyawan di sana berkisar dari umur 25-37 tahun *umpetin KTP* . Merujuk ke postingan ei sebelum ini, kelompok umur 25-37 tahun di dominasi oleh Generasi Y (disingkat Gen Y). Jadinya cocok bingits donk ya kalo Tokopedia memilih nuansa hijau untuk kantornya demi memunculkan ide-ide kreatif dari karyawannya yang di dominasi oleh Gen Y.

PicsArt_09-19-05.34.51

Menurut ei, Customer Care adalah unit yang paling ngga nyaman secara kerjaan. Bagaimana mau dibilang nyaman kalau pekerjaannya adalah menerima telepon yang seringnya adalah komplen pelanggan, masih untung kalau pakai tambahan marah-marah ?
Di Tokopedia, ruang kerja Customer Care juga disesuaikan dengan pekerjaannya. Ada pantry lengkap dengan minuman panas & dingin, ada tempat tidur, juga ada kursi malas untuk sekedar menghilangkan penat. Ya, terima telepon terus menerus, bicara terus menerus untuk hal yang sama maupun yang berbeda pasti akan menimbulkan penat.

With inspiring words from inspiring people
With inspiring words from inspiring people

Ruang meeting di desain sedemikian rupa sehingga diharapkan bisa memancing motivasi dari peserta meeting-nya. Salah satunya adalah dengan memasang kalimat inspiratif dari tokoh-tokoh dunia. Keren kan ….

PicsArt_09-19-04.56.32

Tokopedia juga menyediakan banyak ruang khusus interview. Apakah ini juga mengadopsi salah satu karakter Gen Y yang katanya tak memiliki komitmen yang tinggi dan loyalitas? Sayangnya kemarin itu ei ngga sempat menanyakan hal ini hehehe ;-) .

#NgobCanToped #TemuBloggers
#NgobCanToped #TemuBloggers
(Visited 361 times, 1 visits today)

Comments 6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *