Bolu Gulung

Seinget ei dulu pernah bikin bolu gulung jaman pake oven gas. Dulu banget, berhasil dan cuman sekali itu doang bikin. Lagi iseng buka2 majalah jadul, eh liat gambar bolu gulung di cover majalah Sedap khusus pemula edisi 31/VI/06 . Udah diliat, pengen bikin koq ya males ngerjainnya. Sampe akhirnya ga tau ada angin dari mana, tadi tiba2 aja semangat pengen bikin. Liat persediaan telur di kulkas kurang buat satu resep, ke warung deh beli dulu :-D .

Karena loyang yang gampang diambil dari gudang yg ukuran 32x32x4 cm, untuk basic kue nya ei pake resep yang judulnya Bolu Gulung Cokelat Jeruk.
Tapi ada yang ei skip karena bahannya ga ada.

Alhamdulillah jadi bolu gulungnya. Cuma isiannya kurang banyak, soalnya masih ga pede takut gagal jadi kejunya cuman isi sedikit :-) .

Bolu Gulung

Bahan :

  • 14 kuning telur + 2 putih telur
  • 125 gr gula pasir
  • 1,5 sdt SP
  • 75 gr terigu protein sedang
  • 20 gr tepung maizena
  • 125 gr margarin, lelehkan
  • Butter cream secukupnya
  • Keju parut dan keju potongan kecil secukupnya untuk isian (ala bolu gulung Meranti)

Cara Membuat :

  1. Nyalakan oven dengan suhu 180 derajat celcius
  2. Siapkan loyang ukuran 32x32x4 cm, oles mentega, beri kertas roti, oles lagi mentega di atas kertas roti.
  3. Kocok terlur, gula dan SP sampai mengembang
  4. Masukkan tepung terigu dan tepung maizena sambil diayak dan diaduk rata
  5. Ambil 40 gr adonan, tambahkan pasta mocca, aduk rata, masukkan ke plastik segitiga
  6. Tuang adonan putih pada loyang yang sudah disiapkan di step 2
  7. Beri motif dengan menuangkan adonan pasta mocca lurus sesuai garis diagonal loyang mulai dari satu sudut ke sudut sebrangnya
    Setelah selesai, tarik garis memotong garis2 diagonal tersebut menggunakan tusuk gigi (yg bersih ya :-P )
    Beri titik buat tambahan aksen ;-) . Ini ei comot dari majalah Sedap biar kebayang caranya ya …
  8. Panggang selama 20 menit, angkat, biarkan sampai agak dingin.

Finishing :

  • Siapkan rak kue yang sudah dialasi serbet bersih. Balik kue di atas serbet. Potong pinggiran kue agar rapi, oleskan butter cream.
  • Taburi parutan keju + potongan keju kecil di sisi yang dekat dengan badan kita.
  • Beri ganjalan di sisi kue yang jauh dari badan kita. Angkat serbet dan tarik ke depan, menjauhi badan kita, gulung perlahan.
  • Biarkan kue tergulung dalam serbet sampai kurang lebih 30 menit. Buka, potong2.

 

(Visited 1,112 times, 1 visits today)

Comments 2