Chiffon Cake Ketan Hitam

Sudah sejak bulan September kemarin, salah satu temen baking, buka toko bahan kue di Bogor. Mau mampir ke tokonya koq ya ga sempat-sempat. Pas rencana sabtu mau main ke tokonya,  pas yang punya toko sebelumnya whatsapp. Jadilah janjian, pengen ngobrol2 tentang usaha toko bahan kue yang sebenarnya jadi salah satu mimpi ei sejak lama. Sayang belum ada rejekinya untuk punya toko bahan kue sendiri sampai sekarang (curcol).

tbkgraciaNama tokonya, Gracia. Lokasinya ada di Jl. Ahmad Adnawijaya no. 86B (dulunya Jl Pandu Raya). Tokonya terdiri dari 2 lantai. Lantai satu tempat bahan dan alat kue dipajang, rapi, nyaman ber-AC. Dilayani dengan sangat friendly, bisa sambil tanya ini itu.
Lantai 2 digunakan untuk kursus.

Ngobrol2 sama Tantri tentang suka-duka menjalankan usaha baru-nya ini, seru!! Apalagi Tantri  saat ini masih sambil bekerja di sebuah kantor di Jakarta, kebayang kan serunya itu cerita. Tapi katanya sudah berencana untuk fokus ngurusin  toko Gracia aja. Semoga sukses ya!
Sayang ngga foto2 di tokonya, lain kali harus foto ya Tan :-)

Namanya berkunjung ke toko bahan kue, ga mungkin banget kalo pulangnya ngga nenteng belanjaan. Salah satunya adalah tepung ketan hitam yang udah lama absen di persediaan bahan kue di rumah.

Hari Minggu, browsing cari resep chiffon cake ketan hitam. Dan akhirnya sampai ke sini. Salah satu blog temen baking yang saat ini sudah tenang di alam sana. Ah, semoga resep yang dishare di blog ini menjadi amalan yang tak pernah putus ya Mbak Ruri … Al-Fatihah.

loyangdibalikBuat yang perlu, ini ei salin lagi resepnya di bawah ya.
Oh iya, salah satu trik chiffon supaya kuenya tetap tinggi (tidak kempes) adalah begitu keluar oven, loyang kue langsung dibalik (ditunggingkan) di atas botol sampai kue dingin. Biasanya lingkar tengah loyang chiffon itu kecil, jadi bisa ditunggingkan di leher botol kecap. Kebetulan loyang yang ei pake kali ini lingkar tengahnya agak lebar, jadi bisa ditumpangkan di atas botol bekas selai yang dibalik. Jelasnya lihat gambar ya …

imageChiffon Ketan Item
by Ruri Hujiansyah (almh)

Bahan 1 :

  • 200 ml putih telur (ei : dari 5 butir telur, ngga ditimbang lagi)
  • 150 gr gula pasir
  • 1/2 sdt garam

Bahan 2 :

  • 5 butir kuning telur
  • 100 ml santan kental  (ei : pake santan cair kemasan)
  • 75 ml minyak sayur
  • 150 gr tepung ketan item (ei : ga diayak, abang lebih suka yang ada kasar2nya buat bahan gigit2 hehehe)

Caranya membuat:

  1. Masukkan tepung ketan item kedalam wadah, buat lubang ditengahnya tuang kuning telur, minyak sayur dan santan
    aduk searah pake whisk sampe jadi adonan yang kental, pastiin si tepungnya larut semua ya, jangan sampe ada yang mringkil mringkil (ei : di kocok pake mixer dengan kecepatan paling rendah)
  2. campur putih telur, gula pasir dan garam
    kocok campuran putih telur dengan mixer kecepatan tinggi sampai kental
  3. Tuang adonan putih telur yang sudah dikocok tadi ke dalam adonan tepung, aduk pake spatula sampe tercampur rata (ei : kocok pake mixer dengan kecepatan rendah)
  4. Tuang ke loyang chiffon yang tidak dioles sama sekali, bagian dasarnya boleh dialasi kertas roti
    Panggang dalam oven suhu 180° C selama ± 50 menit
    Setelah matang, keluarkan dari oven, langsung tunggingin si loyang sampai dingin, baru keluarin chiffonnya

 

(Visited 323 times, 1 visits today)

Comments 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *