Chocolate Cupcake

Resep ini ei comot dari Chocklyt. Nyoba resep ini udah 2 kali. Rasanya, hmmm Ayahnya Keisha, QA-nya resep2 yang ei buat bilang gini : “Hebat nih cupcake buatan bunda, polos aja rasanya enak banget”. Kehebatan resep ini sudah teruji dengan pengalaman De yang pas mau panggang adonan, pas gas habis. Baru dapet gas 2 hari kemudian, itu adonan ngendon aja dalem oven selama hunting gas. Dan begitu dapet gas, nekat nyoba di panggang. Ternyataaaaa…. ga bantet sodara2 … :D

Resep ei copy paste langsung dari Chocklyt, ga diterjemahin dulu hehehe …

Old-Fashioned Chocolate Cupcakes
~30 regular cupcakes / 375 degree oven

Ingredients :

  • 1 cup (2 sticks) butter, room temp (ei : butter + margarin dengan komposisi 1:1 )
  • 2-1/2 cups sugar (ei : 2 cup)
  • 4 large eggs, room temp
  • 1-1/2 cups flour (ei : segitiga biru)
  • 1 teaspoon baking powder
  • 1/2 teaspoon baking soda
  • 1/4 teaspoon salt (ei : ga pake, karena butter udah salted dan margarin udah asin)
  • 1 cup unsweetened cocoa powder (ei : bensdrop / tulip bordoux)
  • 1 cup milk (ei : 200 ml UHT plain)
  • 2 teaspoons vanilla (ei : 1 sdt vanili oil)

Direction :

  1. Preheat oven to 375 degrees. (ei : 200 derajat)
  2. Beat butter until softened. Add sugar and beat until light and fluffy, about 3 minutes.
  3. Add eggs, one at a time, beating until well combined.
  4. Measure the flour, baking powder, baking soda, salt, and cocoa powder into a small sized bowl and whisk to combine.
  5. Measure out the milk and vanilla and stir to combine
  6. Add about a third of the dry ingredients to the butter/sugar and beat to combine. Add about a half of the milk/vanilla and beat to combine. Continue adding, alternating between dry and wet and finishing with the dry.
  7. Scoop batter into cupcake cups about 1/2’s full. Turn oven down to 350 degrees and bake cupcakes for about 22-25 minutes or until a cake tester comes out clean. (ei : suhu tetep 200 derajat, waktu 30 menit)

Note:

  • Isi adonan bener2 1/2 cup, kalo 3/4 cup seperti umumnya resep dijamin luber
  • Suhu oven sangat2 tergantung oven yang kita pakai, pelajari oven di rumah, gunakan suhu yang sama untuk pake resep lain yang di resepnya tertulis panggang dengan suhu 180 derajat.
(Visited 108 times, 1 visits today)

Comments 2

  • mba’ aku kok coba resep nyah kue nyah setelah keluar dr oven mlhn kempes yah??emang tidak bantat tp…kempes..helpp..yahh…hh

    kempesnya seberapa banyak ? kalo sedikit nyusut sih masih wajar koq. Kalo saya sih biasanya, diisi 3/4 penuh, waktu matang kue akan sedikit lebih tinggi dari cupnya, trus nanti setelah dingin jadi sejajar sama cup-nya

  • ini jadi resep andalan…anti bantat!!!!

    hahahaha

    setujuuuu…. resep andelan hehehe *tooosss*