Daging Kambing Panggang

Kalo pas Idul Adha, biasanya ei suka bingung ngolah daging kambing. Kalo di sate, kadang bosen, apalagi di bikin gulai, secara di rumah ga gitu doyan santan untuk temen makan nasi. Jadinya menjelang Idul Adha kemaren, beli buku PRIMARASA Olahan lezat Daging Kambing. Daging sisa dibikin sate, masuk freezer, 2 minggu kemudian baru di olah kekekek….

Resep yang ei ambil judul aslinya Lamb Cutlet, soalnya paling sederhana. Ga ngerti juga cutlet itu sebenernya bagian mana, sisa yang ada di kulkas daging dari paha (ga tau kanan apa kiri :P ). Ya udah, dagingnya di sayatin, di masak ala Lamb Cutlet nya primarasa ini. Hasilnya enaaak ….tapi karena dagingnya sedikit, kemaren itu ei ga bikin saus putihnya, males. Digadoin di cocol ke sambel botol aja enak koq.
Btw, dipikir2, kalo bumbu perendamnya dipake untuk ngolah ayam kayaknya rasanya bisa seperti chicken wing nya Pizza Hut deh … ntar mo coba aaaah …

Lamb Cutlet
Sumber : Primarasa, Olahan Lezat Daging Kambing

Bahan :

  • 8 potong (@75 gr) lamb cutlet (ei kemaren, cuman 300gr daging kambing, jadi pake 1/2 resep)
  • 100 ml saus tomat
  • 1 sdm air jeruk lemon
  • 1 sdm saus inggris (worcestershire sauce)
  • 80 gr mentega

Saus :

  • 100 ml air
  • 1 sdm tepung terigu
  • 200 ml air panas
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 2 sdm daun mint segar cincang

Pelengkap :

  • Kentang pure
  • setup sayuran (wortel & buncis)


Cara membuat :

  1. Rendam cutlet dengan campuran saus tomat, air jeruk lemon, dan saus inggris, aduk rata, diamkan kurleb 30 menit agar bumbu meresap.
  2. Panaskan oven pada suhu 200 derajat Celcius, olesi loyang tahan panas dengan mentega. Taruh cutlet dalam loyang, bubuhkan mentega di setiap permukaan daging. Masukkan loyang ke dalam oven, panggan selama 15 menit, turunkan suhu oven menjadi 180.
  3. Teruskan memanggang selama 30 menit sambil di balik2an. Setelah daging matang, keluarkan dari oven, biarkan dalam loyang dan tetap panas.
  4. Saus : Masukkan air ke dalam loyang bekas memanggan, aduk hingga sisa bumbu dalam loyang tercampur. Panaskan mentega dalam wajan, masukkan tepung terigu, aduk, masukkan cairan bumbu dari loyang dan air panas, aduk sampai mengental. Kecilkan apinya, bubuhkan garam dan merica, masak selama 10 menit, masukkan daun mint cincang, aduk, angkat.
  5. Pindahkan cutlet di atas piring saji. Siram saus di atasnya, hidangkan selagi panas bersama kentang pure dan setup sayuran.

Note :

Kemaren waktu ei bikin, koq ya ga yakin sama warna setelah dikeluarin dari oven (empuk sih, tapi warnanya kayak belum mateng gitu). Akhirnya ei pindahin ke wajan teflon, masak lagi di atas kompor sampe kuahnya habis. Jadinya seperti penampakan di foto atas …

(Visited 89 times, 1 visits today)

Comments 1