[FoodCombining] Mulai lagi dari nol

Istilah Food Combining [FC] ei kenal sejak awal tahun 2000-an. Ei kenal dari kaum bapak-bapak di kantor yang sedang semangat2nya menjalankan dan mengkampanyekan FC. Ei juga sampai beli buku tentang FC karyanya ibu Andang Gunawan yang sempat menjadi best seller waktu itu.
Setelah khatam baca bukunya, ei pun mulai ikut-ikutan menjalankan FC. Lupa apa yang jadi sebab, tapi sepertinya saat itu FC yang ei lakukan bukan FC yang benar. Kalo istilahnya pakar FC sekarang, yang ei jalankan waktu itu baru mirip seperti FC hehehe.

Belakangan banyak teman2 di sekitar ei yang menjalankan FC. Motivasi mereka macam-macam. Ada yang sudah bosan konsultasi ke dokter, mengonsumsi berbagai macam obat tapi sakitnya tak kunjung sembuh. Ada yang ingin hidup lebih sehat dan ada juga yang ingin langsing (pastinya  ;-) ).
Yang paling banyak adalah yang sudah bosan berobat dan menjalankan FC seperti berhasil mempercepat proses penyembuhannya. Sementara lebih langsing menjadi bonus yang didapatkan dari efek samping ber-FC.

Menjelang usia ei yang sebentar lagi berkepala 4 (ga nyangka kan ? Emang sih banyak yg nyangka masih 30-an *dan kemudian ada yg nyambit ei pake sendal*) ingin lebih sehat demi bisa mendampingi 3K sampai mereka bisa mandiri menjadi fokus utama. Tanpa meragukan bahwa Sang Pencipta pasti akan memelihara mereka, tapi berikhtiar merupakan keharusan kan ya? .

Buat ei, jika disederhanakan, pengertian FC adalah pola makan yang mengikuti waktu kerja sistem pencernaan tubuh kita.
Waktu kerja sistem pencernaan tubuh kita terdiri dari 3 fase. Berikut adalah fase-fase tersebut beserta Petunjuk Pelaksanaan (juklak) yang utama dalam FC :

  1. Waktu : 04:00 – 12:00 , Fase Pembuangan.
    • Makanan yang di konsumsi :
      Sesaat setelah bangun tidur minum air hangat dengan 1-2 sendok makan perasan jeruk nipis. PicsArt_1430698894377
      Setelah itu hanya buah-buahan baik berupa potongan maupun jusGM_20150504_201101
  2. Waktu : 12:00-20:00Fase Pencernaan MakananMakanan yang di konsumsi :
    Boleh mengonsumsi makanan apapun dengan kombinasi seperti ini :
      • Karbohidrat + sayuran (boleh di tambah protein nabati)
        Waktu yang diperlukan tubuh untuk mencerna kurang lebih 2 jam.
        Untuk konsumsi makanan selanjutnya diperlukan waktu jeda 2 jam
        GM_20150504_201623
      • Protein Hewani + sayuran
        Waktu yang diperlukan tubuh untuk mencerna kurang lebih 4 jam.
        Untuk konsumsi makanan selanjutnya diperlukan waktu jeda 4 jam
        GM_20150504_201935
  3. Waktu : 20:00-04:00Fase Penyerapan Sari MakananMakanan yang di konsumsi :
    Sebaiknya tidak mengonsumsi makanan pada fase ini. Jika terpaksa, misalnya karena lapar maka dibolehkan hanya mengonsumsi sayuran saja.

Ada alasan ilmiah kenapa karbohidrat tidak cocok untuk dikonsumsi berbarengan dengan protein hewani. Silahkan googling untuk penjelasan lengkapnya ya, sudah banyak yang share tulisan mengenai ini di internet.

selingan

FC yang ei jalanin kali ini, meskipun lebih fokus dari yang ei lakukan dulu, tapi ei ngga mau ngoyo(lha terus piye tho?) . Jadi gini, pola makan ei diusahakan semaksimal selalu berada di pola FC dengan mengonsumsi apa yang mudah di dapat.
Misalnya, idealnya FC mengurangi goreng2an. Kalo ternyata yang ei temukan adalah lauk yang digoreng ya makan saja, yang penting tidak menyalahi juklak utama. Atau misalnya demi alasan kesehatan, mengonsumsi nasi merah lebih baik daripada nasi putih. Nah kalau lagi ingin makan nasi, dan ngga ketemu nasi merah ya nasi putih aja. Kedua contoh di atas dilakukan dengan sadar dan tanpa merasa bersalah.

Sampai dengan menulis postingan kali ini ei sudah 6 minggu melakukan FC. Dan ei masih masih minum kopi sehari secangkir di sore hari. Khusus akhir minggu ei canangkan sebagai cheating day, yaitu ei boleh makan tanpa menghiraukan padu padan makanan serasi ala FC. Meskipun begitu untuk sarapan tetap ei usahakan hanya mengonsumsi buah-buahan.

Cheating

Sejauh ini yang ei rasakan adalah migren sudah tidak pernah datang dan badan terasa lebih fit.

Bahkan seminggu terakhir, di kantor kebetulan ada beberapa kali yang ultah dan bagi2 makanan. Ei perhatikan kalau cheating makan kue ulang tahun lebih dari 1 potong atau makan pizza 1 slice besar atau minum minuman cafe tapi lupa bilang less sugar, low fat milk dan no whipped cream, bisa dipastikan bangun tidur besoknya kepala ei terasa berat banget seperti ditimpa batu. Kata temen2 yang lebih dulu ber-FC sih sepertinya alarm tubuh ei mulai berfungsi.
Mudah2an sih betul ya, tapi ei ngga mau terlalu ge-er dulu ah ;-) .

Kalau setelah ini ei banyak share hal-hal terkait dengan FC jangan bosen yaaaa (devil) .

(Visited 224 times, 1 visits today)

Comments 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *