Kastengel Ibu Tio

Hallo… Gimana puasanya? Semoga lancar ya. Sama-sama kita berdoa semoga Ramadhan kali ini membuat kita semua menjadi manusia yang jauh lebih baik lagi. Amiiin,

Lebaran sudah kurang dari seminggu lagi nih, sebagian ibu-ibu pasti sudah mulai mencicil membuat kue kering khas lebaran. Bagaimana dengan ei ? Alhamdulillah sudah ada beberapa toples kue kering untuk sajian lebaran nanti.
Meskipun tidak banyak, setiap tahun ei sempatkan untuk membuat sendiri kue kering untuk lebaran. Alasan utamanya adalah supaya lebih puas, rasa kue yang dibikin sesuai selera. Sebenarnya sudah banyak juga sih penyedia kue kering yang rasanya enak. Tapi semakin ke sini, harga kue kering yang sesuai atau mendekati dengan selera lidah harganya udah mahal per toplesnya.

Kastengel_IbuTio_2Kastengel atau kue keju adalah salah satu yang selalu hadir di setiap lebaran. Entah kenapa selama ini ei ngga puas dengan hasilnya. Meski diluar kering, bagian dalamnya selalu masih basah. Kalau dibakar ulang, warnanya jadi kurang cantik. Makanya ngga pernah posting resepnya di sini.
Kemarin ini ei kembali hunting resep kastengel dan terhenti di resep Kastengel Ibu Tio.
Resep Kastengel ala Ibu Tio ini tidak menggunakan telur sama sekali, boleh dibilang bahan yang digunakan semuanya bahan kering. Wah, sepertinya layak untuk dicoba karena telur kan salah satu bahan basah ya.
Dan ternyata hasilnya betul-betul memuaskan. Akhirnya ei berhasil bikin kastengel yang kering sampai dalam dan krenyes-krenyes gitu di mulut. Yippiiiiee … 

Kastengel Ibu Tio
Sumber : http://ibutio.blogspot.co.id/2006/10/kaastengel-ala-ibutio.html 

Bahan-bahan :

  • 250 gr keju tua (edam, parmesan atau gouda) — ei : parmesan, parut, diangin-angin dahulu sebelum digunakan
  • 250 gr butter — ei : blended butter+margarin baker’s mix ditambah satu sendok makan wysman tapi totalnya tetap 250 gr
  • 350-400 gr terigu (tergantung kondisi menteganya) — ei : segitiga biru 350 gr
  • 2 kuning telur untuk olesan
  • keju cheddar parut untuk taburan

Cara Membuat :

  1. Aduk rata keju dan butter dengan spatula, masukkan terigu sedikit-sedikit….jika sudah bisa dibentuk hentikan penambahan terigu, bentuk sesuai selera.
  2. Olesi kuning telur dan taburi dengan keju cheddar.
  3. Panggang dalam oven suhu 160 derajatC selama 20 menit hingga kecoklatan dan matang.
    Kastengel_IbuTio_1
(Visited 426 times, 1 visits today)

Comments 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *