Kue Cubit

Udah lama ga terjun ke dapur untuk baking, kemarin ini sempat kaget waktu ada member NCC Bogor yang tanya dimana beli silicon mat di bogor. Dan ga pake malu-malu, ei yang kurang update baking tools pun malah balik tanya silicon mat itu untuk apa heuheuheu :-D .
Ternyata silicon mat itu buat alas menguleni fondant, atau adonan apapun supaya tidak lengket. Hmmm, mumpung lagi cuti dan memang berencana untuk mengganti persediaan bahan kue yg yakin sudah kadaluarsa (jangan ditiru :-( ), kemarin ei mampir ke Toko Bahan Kue Gracia.
PicsArt_1426873594493Beruntung silicon mat-nya masih tersisa satu ;-) . Selain itu juga ketemu dengan Teh Erlis, seorang teman kuliah dan lama tinggal di Bogor yang beberapa tahun ke belakang sudah pindah menemani suaminya ke Banjarmasin. Tapi katanya masih rutin nengok rumahnya di Bogor setiap 2 bulan sekali sekaligus nengok 2 anaknya yang tidak ikut pindah ke Banjarmasin. Alhamdulillah.

Seperti biasa, kalo udah ke Toko Bahan Kue Gracia sekalian ngobrol-ngobrol sama Tantrie sang owner dan kali ini pleus Teh Erlis, cari update seputar baking .

Ngobrol ngalor ngidul, berujung dengan bahasan kue cubit yang sepertinya lagi nge-heitz di sekolah-sekolah di bogor. Dulu jaman ei masih piyik, mamang yang jual kue cubit suka kreatif dengan membentuk kue seperti jaring laba-laba.
Dari hasil ngintip resep hasil Tantri browsing, sepertinya bahannya ga susah dan bikinnya pun ga rumit.

Sampai di rumah, langsung googling resep kue cubit. Kepincut dengan resepnya mbak Rina Rinso karena bahan yang digunakan paling sederhana.
Ngga tunggu lama, langsung siapkan bahan-bahan. Pembuatan kue cubit kali ini ei melibatkan 2 anak gadis demi mengganggu mereka dari keasikan nonton tv xixixi ;-) .
Dan ternyata keseruan bikin kue cubit sendiri ini bikin mereka ketagihan : “Bunda, besok bikin lagi ya”.

Di bawah ei salin resep detilnya ya.

PicsArt_1426860191131

Kue Cubit
resepnya mbak Rina Rinso

Bahan :

  • 100 gr gula pasir
  • 150 gr terigu
  • 2 butir telur
  • 100 ml susu cair plain (misalnya susu Ultra)
  • 1 sdt baking powder
  • sedikit essens vanila
  • meises, keju, kismis, dll sebagai taburan

Cara membuat :

  1. Campur dalam 1 wadah gula pasir, terigu, telur, baking powder dan vanila.
    Aduk rata dengan whisker atau kalau gak ada bisa pakai sendok kayu.
  2. Masukkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan licin dan bercampur rata.
    Diamkan 10 – 15 menit.
  3. Adonan siap di panggang di atas cetakan kue cubit. Masak dengan api kecil dan tutup cetakan supaya uap panasnya tidak kemana-mana.
    Taburan bisa diberikan saat kue setengah matang atau saat adonan baru dituang ke dalam cetakan. Semuanya suka-suka.

 

(Visited 287 times, 1 visits today)

Comments 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *