Lasagna

Akhirnya kesampean juga bikin lasagna sendiri hehehe. Padahal resepnya mah ada di beberapa buku yang nangkring di rak buku di rumah :D . Untuk yang anggota rumahnya ga banyak, kayaknya 1/2 resep cukup. Oh iya, saus dagingnya, kalo ada lebih, bisa di manfaatin buat topping spaghetti. Hmmmm nyum nyummmm ….

Lasagna Klasik
sumber : Seri Masak femina PRIMARASA : Skotel Serba Panggang

Bahan :

  • 1 bungkus lasagna kering
  • 2000 mo air untuk merebus lasagna
  • 1 sdt minyak goreng
  • 1/2 sdt garam

Saus daging :

  • 2 sdm minyak goreng, untuk menumis
  • 1 siung bawang putih, cincang (ei 3 siung)
  • 100 gr bawang bombai, cincang (ei 1 buah ukuran sedang)
  • 500 gr daging sapi cincang
  • 500 gr tomat, kupas, cincang, atau 4 sdm saus tomat kalengan (ei : 5 buah tomat ukuran sedang, masukkan ke air mendidih sampe kulitnya pecah, angkat dari air, kupas kulitnya, cincang)
  • 170 gr pasta tomat
  • 100 ml air
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt oregano
  • 1/4 sdt basil (ei : skip, ga punya :) )
  • 2 sdt gula pasir

Saus keju :

  • 50 gr mentega/margarin
  • 50 gr tepung terigu
  • 500 ml susu cair
  • 125 gr keju cheddar parut
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt pala bubuk (ei : skip)

Taburan :

  • 250 gr keju mozarella parut
  • 50 gr keju parmesan parut

Cara Membuat :

  1. Didihkan air di dalam wajan, bubuhi minyak goreng dan garam, masukkan lasagna. Rebus sampai lunak (kurleb 10 menit), angkat, tiriskan. Panaskan oven pada susu 180 derajat.
  2. Saus Daging : Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan bawang bombai hingga layu. Masukkan daging cincang, aduk hingga berubah warna. Tambahkan tomat, pasta tomat, dan air, didihkan. ubuhi garam, merica, oregano, basil, dan gula. Masak dengan api kecil hingga kental, angkat.
  3. Saus keju : Lelehkan mentega/margarin, masukkan terigu, aduk. Tuangi susu sambil terus di aduk di atas api kecil agar tidak menggumpal. Masukkan keju, merica dan pala, aduk rata, angkat.
  4. Olesi pinggan tahan panas dengan margarin. Masukkan 1/3 bagian lasagna, 1/2 bagian saus daging dan 1/2 bagian saus keju, ratakan. Kerjakan hal yang sama sekali lagi. Atru 1/3 bagian sisa lasagna di atasnya.
  5. Taburi atasnya dengan keju mozarella dan parmesan. Masukkan pinggan ke dalam oven, panggang selama 20 menit. Angkat, sajikan hangat.
(Visited 58 times, 1 visits today)

Comments 3

  • assalamu’alaikum mba ei :)
    salam kenal dari ade mu ini

    salam kenal juga adik boin :)

    pgennn banget tuh lasagna nya
    cuman jangan pedes yahh :D he..he…

    sok atuh di icipin, ga pedes, koq, tampangnya aja serem, tapi isinya mah tomat :P

    wah…sama yahh sama mba desi (http://defidi.wordpress.com/) :) sama2 suka buat makanan (*ya iyalah sama2 ibu2 :D he..he…)

    wah, jangan disamain sama mbak desi, mbak desi mah udah jadi enterpreneur, secara udah punya catering :)

    mba ei izin ngelink yah di blog boin yahh ^_^

    boleh, boleh, mangga di link…

    wassalamu’alaikum

    waalaikumsalam wr wb

  • oh ada ribetnya dink…
    aku ga punya oven :”>
    wakakaka *kabuuurrrr*

    *pletuk* :P

  • mmm, menarik…
    keliatannya ga ribet bahan2nya *gaya*, kecuali oregano sih, apa tuh ya? boleh di-skip jg? :D

    bener koq ga ribet, oregano itu daun2an kering kecil2, biasanya untuk bumbu pelengkap untuk topping pasta itali. kalo bisa jangan di skip, gampang koq cari di supermarket, soalnya kalo di skip, khas pasta italinya jadi ilang