Mengecilkan ukuran beberapa foto sekaligus

Mengabadikan peristiwa istimewa saat ini sudah sangat mudah. Hanya dengan berbekal kamera handphone pun peristiwa istimewa sudah dapat diabadikan dalam banyak foto berupa gambar digital.

Untuk membagikan gambar digital tersebut kepada seluruh peserta peristiwa istimewa pun bukan lagi perkara sulit. Dengan menyimpan file gambar tersebut di tempat penyimpanan online (cloud storage) seperti dropbox dan google drive, lalu kemudian membagikan tautannya (link) kepada seluruh peserta, maka hanya dalam hitungan detik, semua peserta sudah dapat melihat foto-foto tersebut. Mudah banget ya ?

Kamera handphone saat ini sudah banyak yang menghasilkan foto dengan resolusi tinggi. Resolusi tinggi akan berbanding lurus dengan ukuran file dari foto yang di hasilkan. Resolusi bisa diatur pada pengaturan kamera sebelum pengambilan foto. Jika lupa dilakukan, foto yang dihasilkan akan memiliki resolusi standar. Semakin tinggi standar resolusi yang dimiliki kamera, maka standar file foto akan menjadi semakin besar.
Masalah muncul ketika bila kecepatan koneksi internet yang digunakan tidak memadai untuk menyimpan file berukuran besar di tempat penyimpanan online.

Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan memperkecil ukuran file yang akan di simpan. Nah, pengalaman saya kemarin ini, memperkecil ukuran file lagi-lagi menjadi kendala ketika harus dilakukan untuk lebih dari seratus file foto. Kalau dilakukan satu persatu, hmmm males banged ga seh?

Tanya-tanya teman di kantor yang suka mengolah gambar digital, siapa tau ada aplikasi yang bisa digunakan untuk mengubah ukuran file dari banyak gambar sekaligus. Jawabannya, ngga tau. Okey deh, mari kita tanya mbah Google aja.
Aha!! untuk yang menggunakan sistem operasi Windows, ternyata yang saya mau bisa dilakukan dengan aplikasi Microsoft Office Picture Manager.

Microsoft Office Picture Manager dapat ditemukan di Menu Microsoft Office -> Microsoft Office Tools

MsOffice_PictMgr_1

Setelah di klik, akan muncul layar utama yang terdiri dari 3 bagian yaitu :

  • Bagian kiri, Picture Shortcut -> shortcut terhadap direktori dimana pekerjaan yang akan dilakukan
  • Bagian tengah -> daftar file gambar
  • Bagian kanan -> daftar perintah yang bisa dilakukan terhadap gambar yang dipilih.

Berikut saya share langkah-langkah untuk mengubah ukuran file gambar :

  1. Buat shortcut dari direktori yang berisi foto yang akan kita ubah ukuran file-nyaMsOffice_PictMgr_2
  2. Sorot direktori yang sudah kita buat tadi shortcut-nya, pada bagian tengah akan muncul daftar gambar yang ada di direktori tersebut.
  3. Di bagian kanan ada beberapa pilihan tindakan. Pilih Edit pictures.MsOffice_PictMgr_3
  4. Di bagian tengah, pilih beberapa gambar sekaligus yang akan diubah ukurannya. Kemudian di bagian kanan pilih ResizeMsOffice_PictMgr_4
  5. Pada bagian kanan akan terdapat Resize Setting yang merupakan pilihan metoda yang akan digunakan untuk mengubah ukuran gambar. Bisa langsung mengisi besaran ukuran yang diinginkan (panjang x lebar) atau mengisi prosentase perubahan yang diinginkan terhadap ukuran file aslinya.MsOffice_PictMgr_5
    Setelah itu klik OK di bawah dan taraaaaaa …. semua file gambar yang kita pilih di langkah nomor 3 tadi sudah berubah ukurannya dan bisa dilihat dengan mengklik Unsaved Edits pada bagian kiri. Jika sudah sesuai keinginan, file gambar hasil edit bisa langsung di simpan.

Saran saya untuk selalu menggunakan menu Save As (File -> Save As) untuk menyimpan gambar agar tidak langsung menimpa gambar aslinya. Hal ini untuk menjaga jika ternyata setelah perubahan di simpan, kita berubah pikiran dan harus mengulangi proses perubahan ukuran file gambar dari awal.

Punya pengalaman yang sama dengan tools/aplikasi berbeda? Info yaaaa … ;-)

(Visited 109 times, 1 visits today)

Comments 9

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *