Menjalankan multi peran di #usiacantik

Whatsapp group alumni SMP ei dulu masih aja ramai meskipun reuni peraknya sudah berlalu. Malahan beberapa kegiatan masih muncul untuk menjaga keakraban yang kembali terjalin karena reuni perak kemarin itu. Puluhan bahkan ratusan cerita yang tertumpah setelah 25 tahun terpisah oleh jarak adalah pengalaman hidup yang menjadikan sosok kami yang hadir di acara itu.

Eh sebentar, reuni perak? Yup, reuni perak, 25 tahun dihitung sejak lulus SMP. Jadi kalo rata-rata usia saat kelulusan smp adalah 14-15 tahun, waktu reuni kemarin itu usia kami berkisar antara 39-40 tahun.
Apakah kami berubah dibanding 25 tahun yang lalu? Ya tentu donk, paling tidak ‘kan ukuran atau berat badannya berubah hahaha *disambitsendal*.

Bicara soal usia, usia ei dan teman2 yang reunian ini ada dikelompok #usiacantik *ehm*. Kelompok usia yang sudah dewasa, menuju matang dan sudah memiliki banyak pengalaman hidup sehingga lebih semangat untuk membuat hidup lebih bermakna. Tentunya cara setiap orang untuk membuat hidup lebih bermakna ini berbeda-beda.
Lalu apa usaha ei untuk membuat hidup lebih bermakna?

Setiap manusia di dunia ini memiliki peran. Di #usiacantik ini ei diberikan amanah 3 peran besar.

Peran di keluarga


usiacantik1Sebagai anak
Alhamdulillah, sampai sekarang orang tua ei masih lengkap, meskipun mereka berpisah sejak ei SMP.
Dilahirkan dari rahim seorang wanita istimewa yang mengajarkan banyak hal dalam mengarungi lautan kehidupan, membuat ei sangat bangga menjadi anak Mama.
Sementara meskipun sempat marah besar dan dalam waktu yang lama sama Papa, pada akhirnya harus mengakui bahwa tidak ada kata “bekas” dalam hubungan ayah dan anak.
Berusaha menjadi anak yang berbakti bagi mereka berdua dalam waktu bersamaan kadang-kadang memang tidak mudah.
Tapi ei akan selalu berusaha, Insya Allah.

Sebagai istri dan ibu
Memiliki suami dan 3 anak hebat yang sangat mendukung peran ei adalah merupakan anugerah tak terkira.
usiacantik4Maka dari itu, meskipun ei menjalankan multi peran, tentu peran di keluarga selalu jadi yang utama. Karena ei suka gedabrukan di dapur, salah satu yang ei usahakan untuk mereka adalah terlibat langsung dalam menyediakan makanan.
Memasak sebelum berangkat bekerja dan bereksperimen dalam membuat bekal sekolah anak-anak  menjadi keseruan tersendiri menghiasi pagi ei sehari-hari.
Selain urusan makanan, ei (dan abang) tetap mengikuti perkembangan parenting masa kini dengan banyak membaca dan berdiskusi dengan para orang tua lainnya. Dan tentunya mempraktekkan yang dirasa sesuai dengan kesepakatan kami berdua dalam menjaga amanah bersama ini. Menyediakan quality time untuk mereka adalah sesuatu yang tidak bisa ditawar.

Sebagai anggota keluarga besar (menantu, saudara kandung, saudara ipar, saudara sepupu, dsb)
Sengaja ei ngga terlalu detail tentang peran ei di sini. Pada dasarnya usaha yang ei lakukan adalah menjaga tali silaturahim sebaik-baiknya.

Peran sebagai karyawan di sebuah perusahaan swasta

Ei masuk di dunia kerja sejak tahun 1998. Tak kurang dari 18 tahun bekerja tentunya banyak cerita dan pengalaman yang bisa dibagikan. Tapi entah kenapa baik di blog ini maupun di media sosial, ei lebih suka berbagi cerita tentang selain dunia kerja. Sepertinya belum menemukan cara yang nyaman. Next time kalo udah ketemu cara yang nyaman, pasti deh ei cerita.

usiacantik3

Peran sebagai individu di masyarakat

Meskipun masih sangat sedikit, peran ei di masyarakat ei kelompokkan 2 jenis. Peran ei di dunia offline (nyata) dan peran ei di dunia online (maya).
Ikut berpartisipasi di Kelas Inspirasi adalah salah satu upaya ei untuk berperan di dunia offline. Salah duanya adalah bergabung dengan beberapa komunitas dengan tujuan untuk saling berbagi. Jika waktu memungkinkan, ei selalu berusaha hadir di setiap acara yang diadakan oleh komunitas

usiacantik5Blog ini adalah usaha ei berperan di dunia online. Berbagai pengalaman ei coba bagikan di blog ini dengan harapan bisa bermanfaat bagi siapapun yang memerlukannya. Buat yang perlu aneka resep yang sudah ei praktekkan, tips , pengalaman blogging, pengalaman melakukan perjalanan, dll silahkan lho buat ngubek-ngubek blog ini.
Ei juga eksis di media sosial.
Saat ini kemudahan untuk mengakses internet sebagai modal hidup di dunia online diiringi dengan mudahnya mendapatkan informasi. Harus diakui bahwa informasi yang beredar tidak semuanya benar. Banyak tangan-tangan yang dengan mudah membuat dan menyebarkan informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Oleh karena itu, meskipun peran di masyarakat ini dikelompokkan jadi 2 jenis, tapi buat ei, perilaku kita di dunia online dan offline pada dasarnya sama. Kita memiliki hak yang dibatasi oleh hak orang lain. Jadi, layaknya di dunia offline, bijaksana sebelum bertindak juga sangat diperlukan di dunia online.

Jadi, usaha ei untuk membuat hidup lebih bermakna adalah menjalankan 3 peran besar di atas dengan berimbang dan sebaik-baiknya yang ei mampu. Tidak mudah memang, tapi bukankah hasil tidak pernah mengkhianati upaya? .
Ada 2 hal yang ei lakukan supaya tetap bisa menjalankan multi peran di atas.

usiacantik2Menjaga kesehatan fisik
Yang ei lakukan dalam rangka menjaga kesehatan fisik adalah mengatur asupan makanan dengan pola makan food combining.
Selain mengatur asupan makanan, juga ei usahakan agar rutin berolah raga. Dengan multi peran yang ei jalankan memang agak tricky menyediakan waktu untuk berolah raga. Tapi paling tidak, tetap ei usahakan untuk berkeringat 2-3 kali setiap minggu dengan durasi minimal 30 menit setiap minggunya. Jogging, yoga dan sekali-sekali renang adalah kegiatan yang ei pilih untuk mencari keringat.
Oh iya selain dari mengatur asupan makanan dan berolah raga, akhir-akhir ini juga ei mulai rajin merawat kulit *suwit suwiiiw*. Terutama bagian-bagian dengan jelas memperlihatkan usia hahaha. Ya meskipun ei tidak pernah menyembunyikan usia, tapi kan tidak menyangkal kalau ei selalu senang ketika ada yang bilang “Masa sih udah 41, kelihatannya masih 30-an koq” *mintadibully*

Menjaga kesehatan psikis
Belajar dari banyak kehidupan yang tidak selalu manis dari sejak kecil telah membentuk ei yang sekarang ini. Selalu berusaha untuk optimis dan berpikiran positif adalah rahasia utama buat ei tetap bertahan menjalankan peran yang diberikanNya.
Menjaga silaturahmi untuk saling berbagi dan mendengarkan pengalaman orang lain merupakan cara ei mengingatkan diri sendiri untuk selalu bersyukur.
Yang tak kalah pentingnya adalah selalu berdamai dengan diri sendiri dalam arti menerima diri sendiri apa adanya, menerima segala kelebihan dan keterbatasan yang dimiliki sehingga ruang untuk memperbaiki diri selalu terbuka, Insya Allah. Ei yg dulunya suka meledak-ledak menghadapi sesuatu, akhir-akhir ini sedang berusaha untuk tidak terburu-buru bersikap reaktif terhadap apapun. Okey, sekali lagi ei ulang, sedang berusaha, jadi masih terburu-buru bersikap reaktifnya sih masih suka kumat-kumatan ;-)

Sepertinya udah kepanjangan nih celoteh tentang #usiacantik ala ei, semoga menginspirasi ya.

Oh iya, tulisan ini ei buat untuk ikutan lomba blog. Punya cerita tentang #usiacantik juga? Yuk ikutan lombanya, siapa tahu beruntung.

“Lomba blog ini diselenggarakan oleh BP Network dan disponsori oleh L’Oreal Revitalift Dermalift.”

(Visited 298 times, 1 visits today)

Comments 49

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *