Menyerap ilmu di Fun Blogging 8

Setelah ei terdaftar di Fun Blogging 5 dan pada akhirnya gagal ikut, ternyata panitia berbaik hati untuk mengikutsertakan lagi di Fun Blogging 8 yang diadakan 19 Desember tahun lalu. Padahal malamnya di hari yang sama ada tim kantor yang akan melangsungkan resepsi pernikahan. Lokasi resepsinya meskipun sama-sama di Jakarta, tapi sangat jauh dari Gratia Center (Pondok Pinang) tempat Fun Blogging diadakan. Tapi demi menyerap ilmu yang sempat tertunda, ei tetap konfirmasi untuk ikut acara Fun Blogging 8.

Menjelang hari H diskusi dengan Asinan Blogger yang juga ikutan untuk berangkat bareng-bareng. Tadinya ngga bisa ikut karena janjiannya pagi sekali sementara ei harus masak dulu untuk yang di rumah. Eh ternyata waktu hari H-nya Mbak Arin berbaik hati menunggu karena memang waktu berangkatnya jadi mundur dari yang direncanakan.
Dan perjalanan pun sangat lancar sehingga kami sampai sebelum acara dimulai. Alhamdulillah.

Materi pertama dibawakan oleh Mbak Haya Aliya Zaki dengan topik Writing Great Content.
Pengalaman ei membaca blog orang lain, sangat berasa bahwa isi tulisan sangat berpengaruh terhadap bertahannya ei membaca tulisan tersebut sampai tuntas atau memutuskan untuk menyudahinya sebelum akhir tulisan.
Pada sesi ini disampaikan kiat-kiat agar kita dapat menuliskan konten yang menarik di blog kita, sehingga pembaca betah bertahan membaca sampai dengan selesai.
Kiat-kiat itu antara lain :

  1. Selalu gunakan prinsip 5W + 1H
  2. Kuasai teknik menulis untuk membangun keterikatan dengan pembaca melalui konten
  3. Ikut lomba sangat dianjurkan untuk mengasah keterampilan dan kemampuan menulis
  4. 15 tips agar tulisan menjadi “bertenaga” atau memiliki magnet untuk menarik pembaca

Saat ini sudah banyak blog yang dikaryakan untuk menghasilkan uang. Baik dalam rangka perpanjangan tangan produsen untuk beriklan, maupun reportase-reportase acara. Hal ini tentunya tidak dilarang selama yang ditulis menyentuh kehidupan sehari-hari si penulis. Blogger sudah menjadi konsultan, tempat bertanya. Sehingga jika yang ditulis masih menyentuh kehidupan sehari-hari, tulisan akan memiliki magnet untuk menjaga keterikatan tulisan dengan pembaca. Lagi pula, konon katanya blogger is telling not selling  .

Materi kedua dibawakan oleh Mbak Shintaries tentang Blog Platform, Design & Layout.
Intinya Blog Platform, Design & Layout yang baik adalah yang tingkat keterbacaannya tinggi. Maksudnya adalah jangan sampai yang mampir ke blog kita urung membaca tulisannya karena blog platform, design & layout yang kita gunakan membuat tidak nyaman. Contoh yang mendasar yang mengganggu tingkat keterbacaan adalah warna latar tulisan. Warna latar tulisan yang nyaman di mata adalah putih dan tentu tulisannya berwarna gelap.
Selain warna latar tulisan, hal lain yang harus dicermati juga agar blog kita memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi antara lain :

  1. Jenis huruf (font) yang digunakan.
  2. Layout terkait dengan susunan kolom sidebar dan konten.
  3. Ukuran header.
  4. Hindari Pop Up dan musik.


Materi yang terakhir adalah materi yang sangat menarik, yaitu kiat-kiat menghasilkan uang dari Blog (Monetizing your Blog) yang disampaikan oleh Teh Ani Berta.
Brand/produsen sekarang ini banyak yang memilih blog untuk beriklan. Seperti yang sudah disinggung sedikit di materi pertama, hal ini karena jika dibandingkan dengan media konvensional blog memiliki kelebihan yaitu mengandung self experience (pengalaman pribadi), personal engagement dan interaksi dengan pembaca.
Lalu apakah pembaca akan tetap berkunjung jika blog isinya adalah melulu job review, iklan atau lomba?
Tulisan akan tetap diminati selama pembaca dapat mengambil manfaat dari tulisan tersebut. Maka dari itu sejak sesi pertama sudah disampaikan bahwa sebaiknya “tulisan pesanan” ini isinya tetap menyentuh kehidupan sehari-hari si penulis sehingga pengalaman pribadi atau personal engagement atau interaksi dengan pembaca tetap dapat terpenuhi.

Oh iya, acara Fun Blogging ini mendapat dukungan Nutrisi Bangsa dan IWITA. Ei ulas singkat satu persatu ya.

Nutrisi Bangsa adalah sebuah gerakan yang di inisiasi oleh Sari Husada dalam meningkatkan kepedulian akan masalah-masalah gizi di Indonesia. Nutrisi Bangsa menerima volunteer untuk menjadi anggota. Menurut yang disampaikan oleh Mbak Dewi, Nutrisi Bangsa betul-betul sebuah gerakan dengan misi yang disebut di atas tanpa disusupi dengan modus jualan produk.
Salah satu program jawara dari Nutrisi Bangsa saat ini adalah Jelajah Gizi. Apa itu Jelajah Gizi? Silahkan cari jawabannya langsung melalui situsnya ya.

IWITA merupakan singkatan dari Indonesian Women IT Awarness yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah Organisasi Perempuan Indonesia Tanggap Teknologi Informasi. IWITA didirikan dengan cita-cita mewujudkan perempuan Indonesia tanggap Teknologi Informasi melalui awareness (kesadaran), learning (pembelajaran), implementation (implementasi dalam kehidupan masyarakat) dan socialization (sosialisasi) sehingga perempuan dapat berperan dan berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi Indonesia dan membentuk generasi bangsa yang berakhlak mulia dan berprestasi.
Jujur saja, hampir 20 tahun berada di dunia IT tapi ei baru tau IWITA ya di acara Fun Blogging 8 ini. Untuk yang penasaran ingin tahu lebih jauh tentang IWITA boleh mampir ke situsnya.

Selain bertambah banyak kenalan blogger, sebenarnya masih banyak lagi ilmu yang didapatkan yang sepertinya tidak akan cukup untuk dibagikan melalui tulisan ini. Singkatnya sih, ikutan Fun Blogging ngga akan rugi deh .

(Visited 109 times, 1 visits today)

Comments 7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *