Nugget sehat ala ei

Nugget sehat? Iyalah, siapa sih yg ga bisa jamin kebersihan, kesegaran bahan, kecukupan nutrisi, tanpa zat tambahan buatan, selain kalo kita bikin sendiri. Susah? ngga juga, kalo dicoba dulu, pasti bakal keluar komentar : “Ooooh, ternyata cuma gini doang bikinnya” ;) . Perhatiin cara buatnya deh, ga jauh beda dengan cara bikin macaroni tuna yang pernah ei posting juga.

Nugget sehat ala ei

Bahan :

  • 250gr daging ayam cincang
  • 150gr udang kupas, cuci, rendam 10 menit dengan perasan jeruk nipis, cuci kembali, cincang
  • 150gr wortel, kupas, cuci, parut dengan parutan keju
  • 4 lbr roti tawar tanpa kulit
  • 200 ml susu UHT plain
  • 1 butir telur, kocok lepas

untuk lapisan tepung :

  • 250 tepung panir/tepung roti
  • 150 havermut, blender kasar
  • 3 butir telur, diambil putihnya saja

Bumbu :

  • 3 siung bawang putih, cacah
  • 1/2 buah bawang bombay besar, iris kecil2
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt kaldu ayam bubuk
  • 1sdm kecap inggris
  • minyak goreng untuk menumis


Cara membuat :

  1. Rendam roti tawar dengan susu, hancurkan menggunakan garpu
  2. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum
  3. Campur semua bahan, termasuk hasil langkah 1 dan 2, tuangkan ke dalam loyang tahan panas yang telah di oleskan margarin
  4. Kukus selama kurang lebih 25 menit (sewaktu loyang diletakkan, air kukusan harus sudah mendidih), angkat, dinginkan
  5. Potong2 nugget kukus. Campur tepung panir dan havermut dalam satu wadah. Satu persatu celupkan ke putih telur, gulirkan ke campuran tepung panir dan havermut
  6. Setelah semua potongan selesai berselimut tepung, simpan dalam wadah tertutup, masukkan ke dalam freezer kurang lebih 30 menit.
  7. Jika akan disajikan, goreng dengan minyak panas, sampai kecoklatan.

Note :

  • Wortel bisa diganti dengan brokoli atau bunga kol yang dicincang
  • Sampai dengan tahap 4, sebetulnya nugget sudah matang, untuk yang mengurangi konsumsi minyak, sampai tahap ini nugget udah enak untuk di makan.
  • Kayaknya sih yaaaa…. resep adonan nugget ini buat isian pangsit enak juga … , musim ujan gini bikin pangsit kuah yummie tuh ,… coba aaahhh… kalo ga males :P
(Visited 78 times, 1 visits today)

Comments 2

  • hai…salam kenal .
    aq dah cobain nugget nya…hasilnya bikin aq tersipu-sipu krn dipuji semua org.
    tks banget ya fr sharing your recipe.
    posting recipe lain dong…tq

    hwaaaa, seneng kalo hasil share dicobain & berhasil … thanks ya mau cobain resep sini … kalo ada yg baru, pasti ei share koq di sini :)

  • seem yummy…. musti pake hapermut yah?… :-S
    jadi ngiler… bahan2nya bisa disederhanakan ngk sih.. buanyak amat.. *MalesModeOnNgarepDptSampe*

    ga pake hapermut gpp koq … ganti aja jadi tepung panir semua