Permohonan Passpor Online

Biar udah banyak yang sharing tentang pembuatan paspor online, rasanya ga masalah ya kalo ei juga ikutan sharing.
Ini adalah salah satu bagian dari kegiatan runaway moms 2 .

Paspor ei udah expired dari sejak 2007 kalo ga salah *ketauan deh grounded berapa lama*
Urusan bikin paspor kali ini ei bener2 nyantai banget, berhubung udah tau kalo pembuatan paspor via online hanya butuh waktu 5 hari kerja. Saking nyantainya, sampai terkaget-kaget waktu nyadar bahwa jarak ke waktu keberangkatan tinggal 10 hari lagi (woot) *plis jangan ditiru*

Sebenarnya 2 kali ei mengajukan permohonan paspor online.
Pertama kali isi paspor online, ei pilih Kantor Imigrasi (KanIm) Bogor untuk penyerahan dokumen. Pada tanggal yang tertera di tanda terima permohonan, dengan pede-nya bawa bukti permohonan paspor online dan tanya kalo daftar via online kira2 kapan paspornya selesai. Mbak petugas di KanIm bilang, “Oh, paspornya selesai tgl 18, Bu”. Heh?! Saya kan mau pergi tgl 15, koq lama amat, katanya kalo via online hanya 5 hari kerja. Si mbaknya cuman bilang : “Iya bu, kalo di sini memang 7 hari kerja, via online atau manual sama saja”.
Hufftt … bete? Tentu donk. Tapi ya sudahlah kan katanya bikin paspor tidak tergantung dimana ktp nya diterbitkan.
Jadi ei mau coba daftar online ulang, dan pilih KanIm Jakarta Selatan untuk tempat penyerahan berkas.
Kenapa Jakarta Selatan? Karena menurut info yg sudah berpengalaman, di KanIm Jakarta Selatan loket untuk penyerahan dokumen bagi yang mendaftar online dengan yang manual sudah dipisah. Jadi boleh berharap prosesnya lebih cepat ;-) .

Over all, prosesnya seperti berikut :

Daftar Online

1. Siapkan file hasil scan dari dokumen yang nanti akan diminta untuk di upload :
– KTP
– Kartu keluarga
– Akte Kelahiran
– Surat keterangan kerja (khusus karyawan)
Pastikan bahwa nama yang tercetak di ke 4 berkas di atas sama persis. Kalau ada  beda sedikit saja, harus bikin dulu surat keterangan dari kelurahan memberitahukan bahwa ada salah cetak dari nama. Ribet deh pokonya kalo namanya ga sama.

2. Daftar online di http://ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/faces/InetMenu.jsp , pilih menu paling atas Pra Permohonan Personal

3. Isi semua field di formulir online tersebut, ikuti petunjuknya.

4. Upload semua file dokumen yang disebut di atas.

5. Setelah semua file dokumen di upload, kita akan diminta untuk memilih tanggal untuk penyerahan dokumen dan wawancara. Juga sekalian diminta untuk memilih di Kanim mana akan menyerahkan dokumen.
Kalo beruntung, tanggal yang bisa dipilih mulai dari sehari setelah tanggal kita daftar online. Kalo lagi sial (kemungkinan kanim yang dipilih lagi sibuk banget) tanggal awal yg muncul bisa beberapa hari setelah tanggal kita daftar online.

6. Setelah selesai, sistem akan memberikan tanda terima pra permohonan yang kita input. Tanda terima ini harus di simpan, di print, dijadikan satu dengan semua dokumen2 di atas yang harus dibawa ke KanIm  pada tanggal yang kita pilih.

TandaTerima

Penyerahan Berkas di KanIm

1. Pada tanggal yang sudah tertera di tanda terima, kita datang ke KanIm yang tertera juga di tanda terima itu. Oh iya, sebelumnya, siapkan 1 bundle photo copy-an berkas2 di atas ya. Untuk KTP, photo copy nya harus di atas kertas A4.
Sampai di KanIm, antri untuk ambil nomor antrian sesuai loket yang yang kita tuju.  Setelah dapat nomor antrian, kita harus beli map dan formulir isian (harganya Rp. 5,000,- ) yang sebenarnya sih data yang di isi sama dengan yang kita isi di permohonan online. Nah, kita bisa mengisi formulir tersebut sambil menunggu sampai dipanggil untuk menyerahkan berkas.

2. Setelah menyerahkan berkas, kita akan kembali diberikan nomor antrian untuk membayar biaya pembuatan Paspor sebesar Rp. 255,000,- . Nah, di KanIm JakSel ini, meskipun antrian untuk penyerahan berkasnya sudah terpisah antara yang online dan manual, tapi antrian untuk pembayarannya masih jadi satu. Jadi ya nunggu antrian bayar ini lumayan lama.

3. Setelah bayar, kembali lagi antri untuk foto dan wawancara.
Selesai dari proses ini, kita tinggal menunggu 4 hari kerja untuk kembali ke KanIm mengambil paspor yang sudah jadi, yipppiiieee (dance) .

Oh iya, sebenarnya paspor yang sudah jadi bisa juga di antar ke alamat yang ditentukan. Dalam hal ini KanIm bekerja sama dengan PT Nusantara Card Semesta.

Cukup mudah kan bikin paspor sekarang ini ? So … say no to calo yaa …

Info

Berikut daftar loket di KanIm Jakarta Selatan :

  • Loket 1 : Layanan Biro Jasa dan TKI
  • Loket 2-4 : Layanan via internet
  • Loket 5-8 : Layanan umum
  • Loket 9 : Layanan Lansia dan Cacat
  • Loket 10-11 : Pembayaran
  • Loket sebelah 11 : Pengambilan Paspor

Loket

 

(Visited 346 times, 1 visits today)

Comments 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *