Poffertjes

Resep ini udah beberapa kali ei bikin. Yang klasik, isian polos or potongan keju di makan dengan taburan gula tepung pernah. Isian polos or potongan keju cheddar, makannya diolesin selai strawbery atau blueberry pernah. Nah, kali ini ei bikin dengan isian potongan keju cheddar plus coklat chip. Cocok banget buat sarapan sama orang2 tersayang, ditemenin teh manis anget. Atau buat sore2, didampingin coffemix anget sambil baca buku. Ahhh, resep poffertjes-nya Mbak Ine ini, mo gimanapun cara makannya kayaknya tetep aja enak.

Poffertjes

Sumber : http://elkaje.multiply.com/recipes/item/3/POFFERTJES

Bahan :

  • 350 gr Terigu Cakra
  • 150 gr Tepung Maizena
  • 100 gr Gula pasir
  • 500 ml Susu hangat
  • 5 butir telur
  • 1 bks ragi instant(Fermipan/Haan/Mauripan) (11 gram)
  • 3 sendok makan Margarine di cairkan
  • 1/4 sdt vanili powder
  • 1/4 sdt garam

Cara Membuat :

  1. Campur terigu, maizena, gula dan ragi instan, aduk rata
  2. Campurkan telur dan sebagian susu aduk/mixer sampai rata dan licin.
  3. Tuangkan margarine cair, sambil terus di mixer, dan sisa susu. Diamkan agar mengembang.
  4. Cetak dengan Cetakan Poffertjes, (jangan di tutup) apa bila bagian bawah/pinggir telah matang, baliklah dengan cara dicungkil dan tarik menggunakan tusuk sate. Jika telah matang, akan merupakan kue yang bulat.
  5. Di makan dengan ditaburi tepung gula/gula bubuk dan kayu manis bubuk.

SCC : Spreadable Cheedar Cheese
DCC : Dark Cooking Chocolate

Note:

  1. Jika di isi dengan SCC/DCC, potong seukuran dadu 1/2X1/2 cm. Setelah adonan di tuang, cemplungkan SCC/DCC tenggelamkan dalam adonan dengan menggunakan tusuk sate.
  2. Loyang jangan terus2an di oles margarine, karena ntar jadinya bopeng2. Sekali aja ngolesnya waktu pertama kali akan makai. Setelah itu, loyang jangan di cuci, tapi cukup di lap bersih dengan tissue untuk menghilangkan minyak2 yang nempel, dan bungkus dengan plastik.
  3. Satu resep ini, bisa jadi 80 butir lebih, jadi, kalau keluarga kecil, 1/2 resep dululah, kan bisa sepiring munjung.
(Visited 68 times, 1 visits today)

Comments 1

  • ei..perasaan bulet2 deh, gak dempeyek gini..caranya supaya ngembang kumaha, sy gagal wae, jadi mirip kue apem.. :)

    iya nyoey, soalnya cetakan yg ei punya kurang ‘dalem’ lubangnya, jadinya biar dibalik juga ga bulet bentuknya. Cobain pake resep ini geura, dari pertama ei bikin, bisa ngembang koq :)