Rawon Bamboe

rawon_sesatPernah ngalamin gak, masak rawon trus pas mau mateng, di icipin berasa agak2 pahit? Ei pernah tuuwww… rasanya beteeee banget. Kemungkinan sih karena kluwak yang dipake ga bagus. Trus milih kluwak yg bagus ei ga ngerti :( .

Suatu waktu lagi di supermarket, nemu bumbu jadi untuk rawon merk Bamboe. Ambil satu, nyobain ah … Eh, pertama nyobain rasanya koq cocok. Emang sih jadinya kurang pekat kayak kalo pake bumbu asli. Tapi cara sesat ini lumayanlah buat bikin rawon dengan cara cepat, ga repot dan dijamin ga bakal pahit kecuali kalo gosong kekekek ….

Bahan :

  • 400 gr daging untuk rawon (sedikit ada lemaknya), cuci bersih
  • 1,5-2 ltr air

Bumbu :

  • 1 bks bumbu rawon jadi merk Bamboe
  • 6 lbr daun jeruk
  • 3 batang sereh, geprek

Pelengkap :

  • toge pendek, seduh dengan air panas, sisihkan
  • telur asin
  • sambal rebus : cabe rawit merah di rebus, haluskan, beri sedikit air dan garam secukupnya

Cara Membuat :

  1. Tumis bumbu rawon Bamboe sampai harum (ga usah pake minyak, soalnya udah berminyak), masukkan daun jeruk dan batang sereh (ei tumisnya langsung di panci presto).
  2. Masukkan daging, aduk2 sampai berubah warna, tuang air
  3. Tutup panci presto, masak rawon daging selama 30 menit sejak panci presto mendesis.
  4. Sajikan rawon, taburi dengan toge pendek dilengkapi dengan telur asin dan sambal rebus
(Visited 1,961 times, 2 visits today)