Reuni Perak SMP 5 Bandung Angkatan 91

Tahun ini boleh dibilang tahun reuni buat ei. Agenda reuni di kalender ei hadir di 5 bulan dari 12 bulan dalam setahun . Ini daftarnya :

  • Maret –> Reuni SD Priangan Angkatan 88-89
  • April –> Part 1 Reuni Perak SMP 5 Bandung Angkatan 91 : Garage Sale & Donor Darah
  • Mei –> Part 2 Reuni Perak SMP 5 Bandung Angkatan 91 : Family Fun Run
  • Juli –> Reuni Akbar SMA 3 Bandung
  • Agustus –> Puncak Acara Reuni Perak SMP 5 Bandung Angkatan 91 : Garage Sale & Donor Darah

Segitu banyak acara reuni yang ei ikutin, sudah pasti banyak cerita.
Tapi kali ini ei mau cerita tentang reuni SMP. Reuni ini paling banyak rangkaian acaranya dan meskipun kontribusi ei ngga banyak, tapi ei terlibat di kepanitiaan.

Rencana reuni perak ini berawal dari obrolan di whatsapp group yang sebagian anggotanya adalah panitia reuni tahun 2009 silam. Obrolan itu kemudian disambut oleh semua anggota dan diskusi-diskusi pelaksanaan pun dimulai.
Singkatnya, disepakati reuni akan diadakan dengan 3 rangkaian acara yaitu Garage Sale & Donor Darah, Family Fun Run dan Reuni-nya sendiri sebagai acara puncak.
Dibuat rangkaian-rangkaian acara agar pada puncak reuninya nanti bisa menghadirkan peserta lebih banyak dari reuni sebelumnya (2009) dan sudah lebih saling mengenal satu sama lain supaya suasana tidak kaku lagi.
Seluruh rangkaian acara akan diselenggarakan di kampus SMP 5 Bandung.

Sebagai langkah awal, dibuatkan website agar informasi dapat diakses lebih leluasa : http://smp5bdg91.org/

Membuat Whatsapp Group Besar Calon Peserta Reuni

Panitia mulai bergerilya mengumpulkan data alumni. Semua kemungkinan dikejar untuk mendapatkan data. Paling tidak, bisa mendapatkan nomor handphone yang memiliki akun whatsapp untuk kemudian dibuatkan grup besar reuni. Dalam perjalanannya grup besar reuni berhasil memiliki sebanyak 200-an anggota.
Walaupun banyak yang harus kembali kenalan karena lupa atau memang waktu SMP belum pernah bertegur sapa, tapi justru membuat grup semakin seru.

Cerita-cerita lucu waktu SMP mulai terungkap satu persatu. Bisa dibayangkan ramainya grup besar ini yang sempat membuat handphone beberapa anggota menjadi hang tidak sanggup menahan aktifnya celoteh para anggota grup.
Akhirnya disepakati agar setiap kelas membuat whatsapp group kelas (angkatan ’91 ada 11 kelas). Dan yang tidak sanggup bertahan di grup besar boleh keluar asal tetap ada di grup kelas. Setiap grup kelas harus memiliki koordinator kelas (korlas) sebagai penyambung informasi dari panitia.
Alhamdulillah cara ini cukup efektif dan bertahan sampai dengan dilaksanakannya acara puncak reuni.

Rangkaian 1 : Donor Darah dan Garage Sale

Bekerja sama dengan PMI, donor darah mendapatkan 37 kantong darah.
Garage Sale kegiatan menjual barang-barang bekas layak pakai ataupun barang baru tapi merupakan stok lama yang didapat dari para alumni berupa donasi dan konsinyasi bagi hasil. Pendapatan dari Garage Sale sekitar 4 juta rupiah lebih.
Alumni yang hadir di acara ini tak lebih dari 100 orang.
Pada acara ini, Alumni menyumbangkan 4 bed untuk UKS.

 

Rangkaian 2 : Family Fun Run

Sesuai dengan namanya, di acara ini para alumni dianjurkan untuk membawa keluarganya. Tujuannya adalah agar lebih saling mengenal.
Acara ini diisi dengan olah raga :

  • Senam bersama SKJ 88
  • Lari keliling Indonesia (Jl. Jawa – Jl. Kalimantan – Jl. Belitung – Jl. Sumatra – Jl.Jawa)
  • Pertandingan basket antar alumni
  • Pertandingan basket antar anak-anak alumni yang hadir
  • Pembagian doorprize

 

Rangkaian 3 : Puncak Reuni

Puncak Reuni disepakati dari awal akan dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus 2016. Teaser mulai ditayangkan di media sosial dan grup-grup whatsapp.
Jumlah yang mendaftar untuk hadir di acara puncak reuni mencapai 349 orang. Angka fantastis yang bareng-bareng dicapai oleh para korlas. Panitia betul-betul memikirkan yang terbaik agar semua peserta reuni terpuaskan. Panitia dan juga para korlas menjadi team solid yang saling bantu, saling mengisi satu sama lain.
Konsep utama dari puncak reuni adalah mengembalikan suasana ke masa-masa SMP kami di tahun 90-an dengan prinsip : “semakin geuleuh semakin sukses” .

Makanan
ReuniPerak1Makanan yang disediakan adalah wisata kuliner jajanan yang ada waktu jaman kami SMP dulu. Meskipun tidak mungkin menghadirkan penjual yang sama, tapi setidaknya nuansanya didapat. Kami mengundang para pedagang tertentu untuk menyediakan sebanyak porsi yang dipesan dengan membawa gerobaknya masuk ke area reuni.
Makanan yang tersedia adalah : Cuankie, Cakue, Kue Lekker, Siomay, Sate susu + lontong, Nasi Bogana, Cilok, Cendol dan Minuman dingin (kemasan botol)

Dekorasi dan acara
Menyesuaikan dengan konsep utama yaitu kembali ke 90-an, mulai dari lorong waktu yang dihiasi dengan poster artis-artis yang heits jaman kami SMP dulu lengkap dengan kelap kelip lampu disco, dekorasi panggung yang tanpa sentuhan digital sama sekali, parodi cerita-cerita pilihan, lagu-lagu yang akan dibawakan oleh band alumni dan juga grup band yang disewa oleh panitia.

Tali kasih dan donasi buku untuk sekolah
Ternyata beberapa diantara teman-teman alumni sudah ada yang dipanggil kembali kepadaNya dan juga ada beberapa yang diberi ujian kesabaran dengan sakit yang diderita. Kami mengajak para alumni untuk berbagi sebagai tali kasih.
Tali kasih ini juga dipersembahkan kepada guru-guru purna bhakti yang sempat mengajar kami semua waktu di SMP dulu.

Untuk sekolah, Balai Pustaka membuatkan program untuk para alumni mendonasikan buku-buku terbitan Balai Pustaka. Alhamdulillah terkumpul 1300-an buku berikut raknya untuk disimpan di perpustakaan sekolah.

Seragam Reuni
Diakui oleh banyak alumni dan termasuk panitia sendiri bahwa penyumbang terbesar akan suksesnya acara reuni ini adalah seragam reuni.
Berawal dari kesepakatan baju seragamnya jangan kaos. Iya, hampir setiap acara gathering manapun, seragamnya adalah kaos dan kami bosan. Kami ingin seragam yang berbeda. Usulan awal untuk seragam adalah kemeja batik ala hawai di Sagoo. Setelah hunting motif batik, koq rasanya susah menemukan yang cocok. Akhirnya disepakati jadi baju seragam motif batik corat-coret seperti corat-coret seragam masa-masa kelulusan waktu dulu.
Motif coretan dikumpulkan dengan bantuan tulisan tangan teman-teman korlas.

2016-08-30-PHOTO-00016100
Seragam reuni dengan desainernya, Fransiska alias nchis (sebelah kiri)

Tulisan tangan tersebut kemudian dibuat file digital -nya untuk kemudian dieksekusi dengan proses batik cap di Pekalongan. Dan hasilnya adalah replika baju seragam SMP penuh corat-coret tulisan tangan dan tanda-tangan ala lulus-lulusan, dengan warna yang sudah bladus alias berkesan sudah lapuk.

Dilengkapi dengan lambang OSIS SMP, dan nama di dada supaya teman2 tetap bisa saling menyapa tanpa perlu bertanya nama.

Ya, seragam ini yang membawa semua peserta reuni merasa kembali menjadi masa SMP selama 6 jam. Kami semua betul-betul menjadi anak SMP kolot (tua-red), ngga pake jaim, membaur tanpa sekat.
Dress code sebagai pasangan seragam reuni ditentukan warna biru donker. Dan banyak dari alumni yang menggunakan seragam SMP hasil hunting (ternyata banyak juga tersedia seragam SMP ukuran besar hahaha).
Sebagian alumni baik laki-laki dan perempuan maju ke depan panggung dan lompat-lompat tanpa ragu ketika lagu-lagu rock mulai dibawakan oleh grup band alumni :

  • Seek and Destroy – Metallica
  • Sweet Child O’ Mine – Guns n Roses
  • Jump – Van Halen

Ah, susah rasanya menuangkan euforia reuni kemarin ke dalam kata-kata. Kenangan masa SMP dimana adalah masa peralihan dari anak-anak ke remaja seolah-olah direkonstruksi di usia kami saat ini yang menuju matang  .
Seorang teman, Nita Yuanita sudah merangkum foto dan video yang bisa dilihat di sini :

 

Dan sampai hari ini, H+3 dari acara puncak reuni, grup whatsapp besar dan media sosial masih seru membicarakan reuni kemarin.
Betul, kami bahagia … Alhamdulillah.
Semoga tali silaturahmi akan terjaga seterusnya, amiiiin.

Reuni Perak SMP 5 Bandung Angkatan 91
Ngga perlu terlihat untuk merasa bahagia menjadi bagian dari foto di atas

 

*Note : Foto-foto dicomot seenaknya dari yang beredar di grup whatsapp dan sosial media

(Visited 543 times, 1 visits today)

Comments 12

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *