Roasted Chicken

Kalau diundang ke satu acara yang diadakan oleh keluarga atau teman dekat, kalau tidak bawa makanan sebagai hantaran itu rasanya ada yang kurang. Selama ini ei selalu berusaha membawa makanan hasil buatan sendiri baik berupa lauk ataupun makanan penutup. Tentunya makanan yang dibawa boleh dibilang istimewa. Nah, makanan istimewa ini biasanya cara membuatnya juga istimewa kalau tidak mau dibilang agak ribet hehehe.

PicsArt_01-04-04.28.18Sampai suatu waktu De posting gambar Roasted Chicken atau dalam bahasa Indonesia adalah Ayam Panggang di media sosial. Dengan penampilan yang sangat sederhana tapi menarik sampai teman-temannya mas Rafa, putranya bilang kalo masakan mamanya Rafa ini “berkelas”   . Dan ngga tunggu lama lagi ei langsung nagih minta resepnya  .

Sekali coba bikin langsung jatuh cinta karena proses pembuatannya yang betul-betul ngga pake ribet dengan bahan-bahannya pun murah. Waktu memanggangnya lebih lama dari yang dibilang De. Tapi yang penting hasil akhirnya memang terlihat “berkelas”, ngga malu-maluin untuk dijadikan hantaran. Ngga percaya? Coba deh, saking gampangnya, dijamin ketagihan.

Ini ei tulis resepnya yang sudah dimodifikasi sesuai dengan selera ei ya, resep aslinya boleh tengok di blognya De.

Roasted Chicken (Ayam Panggang)

Bahan :

1 ekor ayam

Bumbu :

  • 1 sdt garam
  • 1 sdt merica
  • 1 sdt rosemary kering
  • 1 sdm bubuk bawang putih
  • Olive oil/minyak goreng secukupnya

Cara membuat :

  1. Bersihkan ayam
  2. Lumuri keseluruhan permukaan ayam dengan dengan bumbu, termasuk bagian dalam. Pijat-pijat agar bumbu meresap. Balur ayam dengan olive oil/minyak goreng. Setelah merata, biarkan agar lebih meresap lagi kira-kira 15 menit.
  3. Masukkan ke dalam loyang, tutup dengan alumunium foil. Bagian bawah alumunium foil yang bersentuhan dengan ayam sebaiknya dioles minyak agar kulit ayam tidak menempel.
  4. Panggang dengan suhu 200º C selama 2 jam.
  5. Buka alumunium foil dan teruskan memanggang selama 1 jam.

 

(Visited 299 times, 1 visits today)

Comments 15

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *