Sambal Roa

PicsArt_1424691789206

Ei tau sambel ini dari temen satu kost-an dulu yang asalnya dari manado, awalnya kaget juga makan pisang goreng pake sambel roa ini (pisang goreng gitu lhooo, koq pake sambel sih?), setelah dicoba hmmm…. ngga bisa brenti…kata si ayah mah, dijadiin temen makan singkong/pisang goreng, bisa lupa makan nasi, dijadiin lauk nemenin nasi anget bisa lupa diri hahaha …. :D

Bahan :

  • 5 sdm  Ikan roa asap yang sudah ditumbuk
  • 15 siung bawang merah (di iris, sisakan 3 siung)
  • 20 sd 25 buah cabe rawit merah
  • 4 buah tomat ukuran sedang (di iris/potong dadu)
  • ngaram secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Cara Masak :

  1. Cabe rawit merah dan 3 siung bawang dihaluskan, kasih garam secukupnya
  2. Goreng irisan bawang merah dengan minyak, sampai ½ matang, masukkan campuran point 1 , goreng hingga matang
  3. Masukkan potongan tomat, aduk sampai rata, biarkan tomat sampai betul2 layu dan matang
  4. Setelah itu masukkan daging ikan roa yang sudah ditumbuk, aduk sampai rata, biarkan sampai seluruh masakan matang, angkat
  5. Hidangkan bersama nasi hangat, atau dengan singkong goreng yg empuk dan hangat atau dengan pisang goreng kipas

Mempersiapkan ikan roa asap tumbuk :

  • Pisahkan daging ikan roa asap, buang kepala, ekor, kulit dan lainnya.
  • Tumbuk daging ikan roa, kalo ingin cepet, blender dengan dry mill

Note : Tumbuk atau blendernya jangan terlalu halus, supaya ada yang digigit-gigit setelah di olah

(Visited 717 times, 1 visits today)

Comments 6

  • kalau ada yg perlu roa,,kami bisa bantu

  • mbk aq baru dapet kiriman roa…rencana mau bikin sambal, tp kok ada resep yg kyk mbk, langsung di tumbuk, ada yg roanya di goreng dulu…yg enak yg mana ya??
    soalnya selama ini taunya cuma makannya doang…hehehe

    txs ya

    wah, aku belum pernah tuh bikin sambal roa yang ikan roanya di goreng dulu, kalo udah coba kasih tau rasanya yaa… :)

  • mbak lenda, aku mau beli ikan roa asapnya. aku bisa mnghubungi mbak lenda dmn? no telp. aku di ciputat tangerang. thx b4

  • ngga, tapi ongkos kirim beban pemesan.

    siiip deh, terima kasih infonya ya, nanti kalo saya mau pesan, saya email ke mbak lenda :)

  • Pesan sama aku aja, skalian kalau mau jadi agen untuk daerah Bogor, gimana ?

    kalo mau pesan ada minimal order nya ga?

  • iya, sambel roa emang enak bgt, cuma kalo di Bogor mo beli ikan roa-nya ada ga mbak ? kalo ada di mana ya ? abis selama ini saya selalu minta kirimin dari Manado..repot kan :)

    thx

    iya, saya juga belum nemu yang jual ikan roa di bogor, sama donk, suka minta dikirimin juga dari temen yg orang manado hehehe ;)