Sambal terasi goreng

Mitosnya bikin sambel terasi itu jodoh2an sama tangan. Pernah adiknya Mama dateng ke rumah minta diajarin bikin sambel terasi. Mama yang taro bahan2nya di coet (cobek), trus adiknya Mama itu tinggal ngulek (ngehalusin). Eeeeh, hasilnya tetep aja rasanya beda sama bikinan Mama. Apa tergantung goyangan juga kali ya :P .
Kalo sambel bikinan ei ini rasanya gimana? Hmmm… udah jadi favorit temen2 satu kost-an waktu masih ngekost dulu. Sekarang? Yah paling ngga masih ada tetangga yang suka sengaja minta ei bikinin sambel terasi. Ngga percaya? Mampir deh ke rumah, ntar kita buktiin bareng2 :wink: .
Oh iya ada juga yang bilang sambel terasi yang ei bikin ini mirip2 sama sambel bajak.

Bahan :

  • 15 buah cabe merah keriting
  • 5 buah cabe rawit (kalo doyan pedes boleh ditambah)
  • 3 siung bawang merah
  • 2 buah tomat
  • 1 sdt terasi (tergantung selera)
  • 1/2 – 1 buah gula merah (yg ei pake ukurannya yang dijual disupermarket, bentuknya bulat pipih)
  • garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat :

  1. Haluskan semua bahan (kalo ei biasanya cabenya dulu sampe ½ halus, baru masukkan bawang merah haluskan bareng cabe, trus terasi, haluskan lagi, trus gula merah, haluskan lagi baru terakhir tomat).
  2. Panaskan minyak goreng, masukkan bahan yang sudah dihaluskan, biarkan sampai matang, angkat.

Catatan :
Untuk gula merah, kalo ga yakin ukurannya sama, pakenya sedikit dulu, nanti kalo udah mau matang, di icip, kalo kurang manis boleh ditambah gula pasir.

(Visited 207 times, 1 visits today)

Comments 4