Sambel Oncom

Sambel OncomKabita (kepengen alias ngences) sama ulukutek leunca nya Syanti , jadi keinget sambel oncom yg suka dibikinin mama.
Sebenernya sih resep dasarnya ya ulukutek leunca itu, tapi karena ei ga doyan leunca, jadi mama suka bikinin sambel oncomnya aja …

Nah, ei bikin deh. Yah, meskipun oncom sini ga seenak oncom bandung, tapi dimakan sama nasi pulen anget2 plus kerupuk … hmmm nyam nyam, pasti lupa deh tuh kalo makannya lagi bareng sama mertua kekekekek….

Sambel Oncom

Duh, yang ini juga ei ga pake ukur persis bumbunya …

Bahannya :
– oncom
– daun kemangi
– minyak goreng untuk menumis

bumbu :
– cabe merah
– cabe rawit merah
– bawang merah
– bawang putih
– kencur (sedikit aja, cuman buat ngewangiin)
– garam
– gula merah

Cara Membuat:

  1. haluskan semua bumbu.
  2. campurkan oncom dengan bumbu, sambil di hancurkan (diulek), sampai bumbu merata
  3. panaskan minyak, tumis campuran bumbu dan oncom
  4. setelah setengah mateng, icip dulu buat ngepas-in rasa
  5. masukkan daun kemangi, aduk rata, biarkan sampai semua matang, angkat.
(Visited 150 times, 1 visits today)