Serundeng

Keisha, doyan banget makan ayam goreng lengkuas, dan yg bikin dia doyan adalah taburan bumbu rempahnya (setelah digoreng pastinya). Hanya aja bumbu rempah dari ungkep ayam ini hasilnya kan ga gitu banyak ya.
Dalam rangka memenuhi selera makan keisha, mulai deh cari2 resep serundeng. Iyalah, masa mau perbanyak lengkuas di bumbu ungkep ayamnya, ga tega keisha makanin lengkuas parut goreng (tongue)

serundeng_ungkep_ayamSerundeng yg pertama dibikin dengan bumbu ungkep ayam. Jadi bikin ungkep ayam dengan bumbu sepert disini. Setelah ayam empuk, ayam diambil satu persatu. Setelah semua ayam diangkat, masukkan kelapa parut, aduk rata. Serundeng yg ini, yg bikin agak males, setengah jalan diangkat trus goreng deh. Meskipun digoreng, tetep aja mesti pake api kecil dan di aduk2 biar ga gosong. Hasilnya? Not bad ;-) .

Berhubung ei beli kelapa parutnya kalap, sok minta 2 butir kelapa, pas udah diparut kaget sendiri, banyak beneeeerr (woot) .
Jadinya tuh kelapa parut dibagi 2.
Sebelum kelapa parutnya basi, cari2 lagi resep serundeng. Ah, enaknya jaman internet murah seperti sekarang ini. Cuman perlu tulis “resep serundeng daging”, langsung muncul2 link-nya beberapa halaman.

Liat2 resep orang2 buat referensi. Rata2 pake jintan, berhubung ga ada di dapur, jadinya ei skip aja. Daging pun memanfaatkan daging giling yg udah kelamaan jadi batu di feeezer. Hasilnya tetep enak koq (mmm) . Pake serundeng gini, porsi Keisha setiap kali makan minimal 2 piring (hungry)

Keliatan kasat mata ya bedanya yang di goreng dan di sangrai sampai kering itu di warna hasil akhirnya.
Bener kata orang2, bikin serundeng ga susah, hanya butuh ekstra kesabaran saat mengaduk2 sampai kering hehehe.

serundengkelapadagingsapiSerundeng Kelapa Daging Sapi

Bahan :

  • 150 gr daging giling
  • Kelapa parut dari 1 butir kelapa setengah tua
  • Minyak goreng untuk menumis

Bumbu :
Dihaluskan :

  • 7 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah cabe merah
  • 1 sdm ketumbar halus
  • 3 cm kunyit sebesar kelingking
  • 1 sdt garam
  • 2 lembar daun salam
  • 5 lbr daun jeruk, iris2, buang tulangnya
  • 2 batang sereh, ambil bagian putihnya, geprek
  • 1 ibu jari lengkuas, kupas kulitnya, iris tipis.
  • 1 sdm gula merah iris
  • 3 sdm air asam jawa
  • garam, gula pasir secukupnya

Cara membuat :

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum, masukkan daun salam, daun jeruk, sereh, lengkuas, gula merah, air asam jawa
  2. Setelah bumbu tumis matang, masukkan daging giling, aduk sampai daging berubah warna. Beri satu setengah gelas air, biarkan sampai air mendidih dan berkurang setengahnya.
  3. Masukkan kelapa parut, aduk rata. Kecilkan api, aduk2 sampai kelapa menjadi kering.
  4. Sedikit lagi kering, silahkan di cicip, jika perlu di adjust bisa tambah garam dan/atau gula pasir
(Visited 173 times, 1 visits today)

Comments 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *