Spicy Chicken Wing ala Ei

Ei, doyan banget sama yg namanya sayap ayam. Tapi sejak tau katanya ayam itu kalo di vaksin di bagian bawah sayap, frekuensi makan sayap ayam jadi ei kurangin deh. Selama ini biasanya ei masak sayap ayam cuman di goreng tepung atau di bikin asem manis. Sejak Pizza Hut ngeluarin menu spicy chicken wing, penasaran banget pengen bisa bikin yg kayak Pizza Hut. Browsing2, ga gitu banyak resep yg ei temuin. Nyari2 di buku2 resep masakan juga penampakannya koq gak kayak punyanya Pizza Hut. Setelah ei nyoba resep lamb cutlet-nya primarasa yang ei bilang kalo bumbunya kayaknya bisa diaplikasi-in buat sayap ayam seperti yang ei tulis disini, akhirnya tadi ei coba. Hasilnya? hmmm, nyum nyum deh pokoknya. Memang rasanya ngga persis seperti yang Pizza Hut punya, tapi sama2 enak koq dengan nuansa yang lain hehehe.

Spicy Chicken Wing ala ei

Bahan :

  • 600 gr sayap ayam (ei kemaren nemu yang udah di pack, yang bentuknya kayak paha doang)
  • 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • 50 gr margarin

Bumbu perendam :

  • 1 sdm kecap inggris
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm saus tomat
  • 1 sdm kecap manis

Untuk yang doyan spicy, bumbu perendam boleh ditambah sambal botol dan/atau merica bubuk. Ei ga pake, karena bakal jadi konsumsinya Keisha juga :)

Pelengkap :
Sambal & saus tomat botolan

Cara Membuat :

  1. Cuci sayap ayam, lumuri dengan jeruk nipis, biarkan 10 menit, cuci kembali.
  2. campur sayap ayam dengan bumbu perendam. Sisihkan minimal 30 menit supaya bumbu meresap (yang kali ini ei bikin, dibiarin semalem, taro di kulkas)
  3. Pindahkan sayap ayam dengan bumbu perendam ke wajan anti lengket, tuang margarin, aduk rata, masak dengan api kecil. Beberapa saat ayam akan mengeluarkan cairan, biarkan sampai cairannya kering (api tetep kecil aja).
  4. Setelah kering, sayap ayam sebenarnya sudah matang. Tapi untuk mempercantik penampilannya, goreng lagi dengan minyak panas, sebentar saja sampai kecoklatan.
(Visited 622 times, 1 visits today)

Comments 3