[Tips] Memperbudak Slow-Cooker

Kapan tepatnya ei kenal slow cooker, udah lupa. Tapi waktu itu ei sempat beli slow cooker karena tertarik akan kemudahannya untuk membuat bubur ayam kental maknyus yang pernah dibahas seru di milis NCC.
Berikutnya ei beli lagi slow cooker ukuran kecil untuk membuat bubur nasinya baby Kyla. Tips membuat bubur bayi menggunakan slow cooker ini ei dapat dari milis sehat. Betul-betul praktis untuk ibu yang juga pekerja luar rumah kayak ei. Malam hari menyiapkan bahan bubur, cemplungin ke slow cooker, besok pagi bubur sudah siap santap  .
Gimana ga cinta sama slow cooker ini, semangat untuk tidak menyajikan makanan instant buat baby Kyla dengan mudah bisa dipenuhi.

slowcooker01

Tahun lalu (lagi-lagi lupa kapan tepatnya) ei ngerasa koq kayaknya slow cooker kelamaan cuman duduk manis aja di lemari. Mulai deh serius cari resep-resep masakan yang bisa memperdayakan slow cooker. Carinya dari buku resep atau googling. Selain itu juga tanya-tanya di beberapa chat group, siapa tau ada yang berpengalaman memasak dengan menggunakan slow cooker. Dapatlah info bahwa di pinterest banyak sekali ibu-ibu bule yang tinggal di luar negeri yang berbagi resep masakan menggunakan slow cooker. Kalau di sana slow cooker lebih populer dengan sebutan crockpot.
Dan ei pun langsung donk buat account pinterest . Dan ternyata, memang tidak mengecewakan, banyak sekali jenis masakan yang dibuat menggunakan slow cooker. Bahkan untuk makanan yang sebelumnya ei hanya tau proses memasaknya adalah dipanggang dalam oven .

Buat ei,slow cooker itu membantu untuk membuat empuk bahan makanan yang jika dimasak biasa akan memerlukan waktu lama. Selama ini, yang pernah ei proses dengan slow cooker ini : iga sapi, buntut sapi, daging sapi, kikil sapi, ceker ayam, kacang merah, kacang hijau, gudeg hmm apa lagi ya.

hasil_slow_cooker

Plus satu resep yang ei dapat dari Pinterest : cheesy bacon ranch potatoes yang tentu saja bahan-bahan yang digunakan sudah “disesuaikan”.

baked potato ranch bacon

Jadi, malam hari semua bahan disiapkan (dicuci & disiangi), masukkan semuanya ke slow cooker, nyalakan slow cooker-nya, tinggal tidur. Bangun pagi makanan sudah matang, empuk, bumbu dan kaldu meresap seperti dengan memasak lama dengan api kecil. Sangat-sangat membantu percepatan proses menyediakan makanan harian di pagi hari kan ?

Ini sedikit tips, yang biasa ei lakukan jika memasak dengan slow cooker/crockpot :

  1. Air
    Untuk menghemat listrik dan juga mempercepat proses memasak dengan slow cooker, untuk masakan yang menggunakan air banyak, ei biasa menggunakan air panas atau air yang sudah dididihkan dulu.
  2. Bahan berlemak
    Ei biasa merebus dulu sebentar semua bahan berlemak sebelum dimasak dengan dengan slow cooker. Tujuannya untuk mengurangi bau amis lemak dan juga membuang lemak yang biasanya menggumpal dalam keadaan dingin. Caranya, bahan berlemak dimasukkan ke dalam air mendidih selama kurang lebih 5 menit saja, kemudian angkat dan masukkan ke dalam slow cooker yang sudah berisi air panas.
  3. Bumbu halus
    Bumbu halus yang mengandung banyak rempah, sebaiknya ditumis dulu sebelum dimasak dengan bahan-bahan lain dengan slow cooker. Ini untuk menghindari bau bumbu mentah setelah masakan jadi.

Ada satu masakan khas Nusantara yang ei ingin coba buat dengan slow cooker : Ikan Mas Bumbu Arsik.
Kalau ada yang pernah coba, share ya plis;-) .

(Visited 3,095 times, 2 visits today)

Comments 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *