[Tips] Santan jadi tanpa kemasan

Waktu ei posting tentang tips penyimpanan bahan masakan, ei lupa menyertakan yang satu ini.

Ceritanya waktu itu ei sedang ngobrol ringan sama Mama tentang santan kemasan. Terus kita cerita-cerita tentang mudahnya membuat masakan bersantan jaman sekarang, karena santan instan siap pakai sudah tersedia dalam kemasan.
Mengingat jaman dulu, membuat santan menjadi tambahan proses dalam membuat masakan bersantan. Mulai dari memarut kelapa sendiri, menggunakan parutan manual. Akhirnya memarut kelapa ini dimudahkan juga dengan tersedianya kelapa parut di pasar. Sampai memeras parutan kelapa yang diberi air untuk mendapatkan santannya. Kalau kebutuhan santan dalam satu kali memasak cukup banyak, siap-siap saja tangan kanan pegal atau kesemutan :-P .

Kemudian muncullah santan instan siap pakai dalam kemasan. Sangat cukup membantu sih, tapi ada dua hal yang lumayan mengganggu buat ei. Yaitu yang pertama mengandung pengawet. Yang kedua, untuk jumlah tertentu, hasil akhir masakan terasa beda dibanding jika menggunakan santan yang didapat dengan cara manual.

Tiba-tiba Mama bilang “Lho kan sekarang di pasar udah ada yang menyediakan santan jadi, tapi diproses dari kelapa. Jadi yang dagang itu punya alat untuk menghasilkan santan langsung dari kelapa ditempat. Kita bisa liat langsung koq”.
Duh, lagi-lagi mama duluan tau info kayak begini *cium Mama (girlkiss) *

Waktu jadwalnya belanja ke pasar, langsung cari tau tempat penjual kelapa yang bisa langsung memproses menjadi santan. Dan alhamdulillah ada donk.

Jadi pedagang kelapa di pasar ada beberapa yang melengkapi lapaknya dengan alat untuk memarut kelapa sekaligus memerasnya menjadi santan. Alatnya seperti ini :

santan01

Santan yang dihasilkan ada 2 macam, santan encer dan santan kental. Setelah memastikan air yang digunakan untuk menghasilkan santan-nya, langsung ei minta di proses 4 kelapa. Sampai rumah, ei re-pack ke dalam plastik kecil-kecil, yang sekiranya cukup untuk sekali masak, kira-kira masing-masing 250 ml, terus masuk freezer deh.

santan02

Aaaah … seneng banget rasanya dapat pengganti santan kemasan  .

(Visited 492 times, 1 visits today)

Comments 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *