[WordPress] Menjadwalkan waktu publish posting-an

Untuk yang menggunakan wordpress baik self hosted maupun di wordpress hosted ada satu fasilitas untuk menjadwalkan waktu publish posting-an yang kita buat. Buat ei, ini berguna ketika kepala sedang penuh ide tulisan didukung waktu menulis draft yang leluasa sehingga bisa selesai lebih dari 1 draft tulisan. Tentunya ei ngga mau donk tulisan-tulisan tersebut di-publish-kan (diterbitkan).
Solusinya adalah dengan menggunakan fasilitas penjadwalan waktu terbit tulisan tadi.

Sebenarnya ei sudah sudah tau sejak lama fasilitas ini. Tapi entah kenapa, konfigurasi yang dilakukan untuk menjadwalkan waktu terbit tulisan ini selalu gagal. Gagal artinya pada waktu yang sudah dikonfigurasikan, tulisan tersebut tidak otomatis terbit.
Mencari informasi dari googling, rasanya apa yang ei lakukan sudah benar. Duh, bener-bener bingungin deh.

Sampai suatu waktu, di whatsapp group -nya asinan blogger, ada membahas mengenai penjadwalan penerbitan di wordpress ini. Saat obrolan berlangsung, saat itu juga rasanya ei menemukan kesalahan yang ei lakukan selama ini sehingga penjadwalan tidak pernah berhasil. Apa sih kesalahannya ?

Kita bahas kesalahannya sambil mengurutkan cara konfigurasi penjadwalan waktu terbit tulis di wordpress ya.

Parameter untuk penjadwalan waktu terbit tulisan di wordpress terdapat di side bar kanan, di dalam kotak dengan judul : Publish
Klik tulisan Edit seperti yang ditunjukkan pada gambar ini :

publishwordpress1

Setelah di klik akan muncul parameter yang bisa diubah yaitu bulan, tanggal, tahun dan jam. Ubahlah parameter tersebut sesuai dengan waktu yang diinginkan kapan tulisan tersebut ingin diterbitkan. Kemudian klik publish.

publishwordpress2

Rupanya dengan mengklik publish, wordpress langsung mendeteksi bahwa waktu terbit tulisan tersebut tidak segera (immediately) melainkan ditunda sampai dengan waktu yang di jadwalkan. Jelasnya terlihat di gambar berikut, pada tulisan yang di dalam kotak biru.

publishwordpress3
Nah kesalahan ei sebelumnya adalah pada tahap kedua tadi bukannya klik publish tetapi klik OK dan setelah itu klik Safe Draft. 

Untuk meyakinkan bahwa penjadwalan terbitnya tulisan sudah berhasil, selain muncul tulisan dalam kotak pada gambar di atas, maka akan muncul juga pesan di atas draft tulisan seperti gambar di bawah ini :

publishwordpress4

So, buat yang selalu gagal menjadwalkan waktu terbit tulisan, coba cek lagi. Kalau ternyata masalahnya sama dengan pengalaman ei, jadi bisa diperbaiki … good luck … 

 

(Visited 115 times, 1 visits today)

Comments 6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *