Adik Kyla Sakit

Menjelang taun baru 2009, adik kyla sakit. Sebelumnya udah batuk2, 3 hari menjelang taun baruan muncul demam. Demamnya lumayan tinggi, setiap diukur, pasti di atas 38.3 derajat.
Karena dari sebelumnya ada batuk, bunda sama ayah pikir demamnya itu dari common cold. Ga langsung di bawa ke dokter, mau observasi aja, toh belum 72 jam, makan minum masih mau, paling kalo suhunya tinggi agak rewel. Selama observasi cuman terapi paracetamol (tempra drops) aja sama observasi terus.

Hari Rabu, 31 des 2008, pagi sebelum berangkat kantor bunda liat ada merah2 samar, sedikit di badan adik kyla. Sepakat sama ayah, hari ini, sore, pulang kantor mau bawa ke dokter. Kalo liat merah2nya sih, sepertinya adik kyla kena virus. Baru inget, beberapa hari sebelumnya, kakak keisha sempet demam sehari, trus besoknya keluar merah2 sedikit di leher. Tapi sehari doang, abis itu demamnya ga muncul lagi. Tapi sore nanti tetep mau bawa adik kyla ke dokter untuk mastiin.

Pulang kantor, merah2nya adik kyla makin nyata. Selama di kantor, beberapa kali telpon ke rumah, tanya kondisi adik kyla, ternyata udah ga demam tinggi lagi, cuman sumeng2 aja, 37 derajat-an. Bunda makin yakin kalo adik kyla terpapar virus. Kalo ngeliat modelnya, demamnya tinggi, muncul rash (merah2) setelah demamnya turun, seperti yang bisa dibaca di mayoclinic.com, kemungkinan roseola.

Abis maghrib, kita jalan ke rumah sakit. Kk Keisha dibawa, soalnya udah mulai ribet dia kalo liat adiknya ikut dia ngga. Tapi ga kita bawa ke rumkit, kita drop aja di Giant, main di tempat permainan anak2 sama tetehnya.

Sampe rumkit, daftar ulang, timbang adik kyla, nunggu dokternya katanya lagi visit ke pasien rawat inap. Nunggu dokternya dateng dari visit sejam aja tuh :( . Setengah jam setelah dokter masuk ruang praktek, nomor adik kyla dipanggil. Cerita hasil observasi, dokter periksa2 adik kyla. Sambil periksa, dokternya tanya : “Waktu demam belum dibawa berobat?”. Bunda jawab : “Ngga dibawa berobat dok, cuman saya kasih paracetamol, tempra drops aja kalo demamnya di atas 38 derajat”. Dokternya diem aja manggut2. Trus diminta ke lab buat cek darah, untuk singkirin kemungkinan dbd or gangguan thrombosit (si dokter ga nyebutin nama ilmiahnya apa). Meskipun yakin bukan dbd, ayah bilang, gpp, cek darah aja, biar tambah yakin.
Adik kyla udah bobo, jadinya waktu diambil darah cuman nangis meringis sebentaran doang, trus bobo lagi.
Waktu mau ke Lab, ayah komentar gini : “Koq pertanyaan dokternya aneh ya waktu periksa kyla. Pantesnya kan yang dia tanya, demamnya udah 72 jam belum?” . “Hehehe … yaaah… gitu deeehhh….” kata bunda sambil nyengir.
Setelah nunggu kurleb 15 menit, hasil cek darahnya dah keluar. Konsultasi lagi sama dokter, dokter bilang ga ada yang perlu di khawatir-in, sepertinya hanya infeksi virus aja. Alhamdulillah.

Trus dokternya mau kasih resep obat. Sebelum nulis resep, nanya dulu :
dokter : “Obatnya saya kasih puyer ya, gpp?”
bunda : “Kalo ga puyer bisa ga dok?”
dokter : “Ga bisa, soalnya ini racikan, tapi ngelarutinnya pake air manis gpp koq”
Bunda diem aja, lagi males debat. Cuman ngomel aja dalem hati, “kalo gitu ngapain nanya”
bunda : “Kandungan obatnya apa aja ya Dok?” *dah yakin, pasti lebih dari semacem obat yang ada di puyernya nanti*
dokter : “Oh, isinya obat alergi”
bunda : “hmmmhh”

Abis dari dokter, seperti biasa, kita ga tebus resepnya. Karena biaya dokter dan lab udah di bayar sebelum periksa darah, jadi langsung pulang dari rumkit buat jemput kk keisha.

Besoknya, ayah inisiatif pengen foto adik kyla buat sharing di sini (seperti biasa :P ). Lagi foto2 adik kyla, kakak keisha ga mau kalah pengen ikutan hehehe.

Cepet sembuh ya adik kyla … mudah2an rash-nya cepet ilang …

Update 10.22 PM :

Seharian ini, suhu badan adik kyla udah bener2 normal. Dan sore tadi, keliatan kalo di gusi atas, giginya nambah dua jauh2an di sebelah kiri sama kanan.
Jadi total giginya dengan yang udah duluan tumbuh (bawah depan, sebelah2an) ada 4 :D . Alhamdulillah.

(Visited 152 times, 1 visits today)

Comments 2

  • Kenapa ya tulisan dokter selalu jelek ? Apa supaya pasien nggak bisa baca, atau emang tulisan nya jelek dari sonoh nya, atau emang ga niat nulis bagus ? Aku selalu berusaha membaca isi buku status dan ga pernah berhasil, apalagi resep

    iya mbak vit, ei juga heran, coba kita tunggu, ada ga dokter yg mau jawab hehehe :P

  • kayaknya sih ada CTM sama ephedrin ya?
    sisanya gw ga bisa baca, semacam tulisan hierogliph mungkin? :D

    met taun baru ya Ei, moga2 Kyla cepet sembuh..

    aaarrrgghhh, karena gw dah yakin ga bakal tebus obatnya, jadi males tanya lebih jauh… :P , met taun baru juga yaaa… ;)