Category «dapur»

Sayur Asem Kacang Merah

Nama aslinya apa ya … kalo ga salah orang Sunda suka nyebut angeun kacang. Sayur ini favorit dirumah dari jaman ei kecil sampe sekarang. Resepnya dari Mama donk pastinya . Bumbu dasarnya sih sayur asem Sunda, cuma ada modifikasi dikit aja, dikasih batang sereh. Lebih enak lagi kalo pake ceker ayam, sayang tadi ga ada …

Sambal terasi goreng

Mitosnya bikin sambel terasi itu jodoh2an sama tangan. Pernah adiknya Mama dateng ke rumah minta diajarin bikin sambel terasi. Mama yang taro bahan2nya di coet (cobek), trus adiknya Mama itu tinggal ngulek (ngehalusin). Eeeeh, hasilnya tetep aja rasanya beda sama bikinan Mama. Apa tergantung goyangan juga kali ya . Kalo sambel bikinan ei ini rasanya …

Sambel Oncom

Kabita (kepengen alias ngences) sama ulukutek leunca nya Syanti , jadi keinget sambel oncom yg suka dibikinin mama. Sebenernya sih resep dasarnya ya ulukutek leunca itu, tapi karena ei ga doyan leunca, jadi mama suka bikinin sambel oncomnya aja … Nah, ei bikin deh. Yah, meskipun oncom sini ga seenak oncom bandung, tapi dimakan sama …

Nasi Liwet Sunda

Resepnya nyari di om google, eh nemu dari tulisan mbak emma isty di salah satu milis yang abis ikutan kursus Hadi Tuwendi. Seperti biasa, bumbu bisa di modif sesuai selera ya … Nasi Liwet Sunda Sumber : Kursus Hadi Tuwendi / tulisan mbak emma isty Bahan : 1 ltr Beras 1 ¼ ltr air Bumbu …

Macaroni Schotel

Ini resep andelan dari kurang lebih 4 th ke belakang. Udah beberapa kali jadi salah satu menu arisan. Rasanya? Kata beberapa tetangga dan sodara yg udah nyobain sih, macaroni panggang bogor aja mah lewaaat Oh ya, biasanya ei suka variasiin juga, ganti daging sapi giling dengan tuna kalengan, wortel sama buncisnya diganti sama jagung muda, …

Nasi Bumbu Pepes

Sumber : Seri Masak femina PRIMARASA ( Lunch Box Lezat & Praktis) Bahan : * 400 gr beras, cuci bersih * ± 600 ml santan, dari ½ butir kelapa * 1 sdt garam * 5 cm kunyit, parut, peras, ambil airnya * 4 lembar daun pandan * 12 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya * …

Bubur Sumsum

Sebenernya sih ei ngerasa ga berjodoh sama bubur sumsum ini. Ngikutin beberapa resep, mesti terlalu kental. Ujung2nya modif aja, tepung beras dikurangin sampe 50%. Tapi itu juga rasanya belum pas. Oh iya, di bukunya, ada keterangan spt ini : bubur sumsum selalu dihidangkan seusai/setelah selesai upacara selamatan di Jawa. Konon agar sumsumnya kembali (susum tulang …