Menjelang weekend kemarin, ei sama abang berencana ingin bawa 3K jalan-jalan. Inginnya sih ke tempat yang menarik tapi tidak terlalu jauh, sekitaran Bogor aja supaya waktu tempuhnya tidak lama. Selain cari yang dekat, juga yang tidak memerlukan biaya besar. Maklum, kami ini rombongan sirkus, sekali berangkat minimal 5 orang, biaya jadi salah satu pertimbangan  .
Akhirnya diputuskan bahwa tujuan jalan-jalan kali ini adalah ke Curug Bidadari Sentul. Curug adalah kata dari bahasa Sunda yang artinya air terjun.

curugbidadari2Berangkat dari rumah jam 8, terlambat satu jam dari yang direncanakan. Ya, namanya aja rombongan sirkus ya, pas mau berangkat ada aja yg bikin delay. Karena masih terbilang pagi, jalanan lancar, kami tidak bertemu dengan satupun titik macet.
Total waktu tempuh dari carport rumah sampai gerbang Sentul Paradise Park hanya 1 jam. Itupun sudah termasuk mampir ke pom bensin untuk tambah nitrogen ban mobil.
Rute yang kami ambil adalah rute yang melewati Rainbow Hills. Kondisi jalan secara keseluruhan cukup mulus. Hanya saja ketika sudah mendekati gerbang Sentul Paradise jalanannya belum diaspal, masih berbatu. Tapi batunya lumayan kecil-kecil dan tidak tajam koq, aman untuk dilewati mobil. Cuma perlu jalan perlahan dan lebih berhati-hati karena ada satu titik longsor yang mengharuskan kendaraan berjalan bergantian dengan yang dari lawan arah.

Harga tiket masuk Sentul Paradise Park ini adalah Rp. 30,000 perorang, jika membawa mobil maka tarif parkir mobilnya adalah Rp. 10,000. Di beberapa titik ada yang minta sumbangan sukarela untuk pemeliharaan jalan desa. Kemarin sih kami kasih Rp. 2,000 setiap titik.
Kami juga menyewa saung dengan harga Rp. 60,000 untuk 2 jam. Pssst, prakteknya sih kami gunakan saungnya sampai 3 jam dan tidak diminta biaya tambahan
Curug BidadariCuaca pagi itu cukup mendung, kami sempat harap-harap cemas takut turun hujan. Ternyata kecemasan kami tidak beralasan, menjelang siang cuaca berubah menjadi cukup cerah sampai waktu kami pulang.

Berbeda dengan pengalaman kami sewaktu di Gunung Salak Endah (GSE), kali ini lokasi curug sangat mudah dijangkau. Hanya perlu menuruni sedikit anak tangga dari lokasi parkiran, curug sudah terlihat. Setelah turun anak tangga kemudian dilanjutkan berjalan beberapa puluh meter untuk mencapai area curug seperti yang terlihat di foto ini. Asyik kan ?

Keisha & Kyla langsung ngga sabar ingin main di kolam tempat terjunnya air. Meskipun airnya dingin, tapi mereka betah berlama-lama di situ. Sementara Keenan hanya mau main-main sebentar aja, sepertinya tidak nyaman karena dasar kolam tempat kakinya berpijak terdiri dari batu-batu yang bikin agak sulit berjalan.

Setelah puas bermain air, 3K berbilas. Tempat berbilasnya terbuka, dengan air pancuran yang disalurkan melalui bambu-bambu. Tempat ganti pakaiannya dibuat dari bilik-bilik bambu, tapi cukup rapat. Sayang ei ngga ambil fotonya karena waktu antar anak-anak bilas tidak bawa handphone.

Secara keseluruhan, Curug Bidadari ini layak untuk dijadikan alternatif tujuan wisata. Jika pemerintah kabupaten/desa bisa memberi perhatian lebih dari sekedar memungut sumbangan untuk pemeliharaan jalan, pasti kondisinya bisa jauh lebih bagus dan lebih bikin betah pengunjung.
Nah, jika kalian jalan-jalan ke curug, meskipun tidak berniat untuk main air, lebih baik bawa baju ganti ya. Karena kalau berlama-lama diam di sekitar tempat turunnya air, baju kita bisa basah oleh percikan air yang terbawa oleh angin.

Oh iya, jalan-jalan kemarin ei rangkum dalam bentuk video di bawah ini, selamat menikmati 

(Visited 1,559 times, 2 visits today)
Last modified: November 29, 2018

Author

Comments

bermanfaat sekali infonya mbak. Ada gojek ya mnuju sana? atau ojek online lain?

keren..bisa dijadikan list destinasi wisata baru….trima kasih

Tempat wisatanya bagus, jadi ingin mampir kesana kapan-kapan.

Keren tempatnya, baru denger.. kapan mau mampir ah..

keren, pokok yang di alam terbuka apa lagi ada air terjunnya layak dikunjungi.

Wahhh bagus bangett. sayang sekali waktu ke bogor buat SNMPTN gak sempat mampir kesini. semoga lain waktu bisa..

ooh ternyata ada ya di daerah sana bagus lagi,
sayang sekali 5 tahun tinggal di bogor paling cuma maen ke curug nangka

Oh iyah mba dibawah curug itu kan ada air yah? kalo misalkan airnya dipake untuk berguyang bisa ngga mba? kalo dari daerah cihileut menuju ke curug ini, kira kira menempuh perjalanan berapa lama yah mba ? terimakasih mba 🙂

Air yang dibawah curugnya dalem apa engga mba? kalo dari cihilet menuju kesana kira-kira memakan waktu berapa lama yah mba?

saya rumah deket dengan sentul tapi tidak pernah ke curug bidadari, jadi pengen kesana udah murah bagus lagi pemandangan nya , enaknya si ama keluarga
gak ada alamat lengkapnya mba ?

Curug Bidadari emang paling manteb di bogor, apalagi udah sekarang udah jadi kayak taman air dengan berbagai fasilitas tambahan. Ngeliat video mba, jadi pengen kesana lagi nih hehehe…

Curug Bidadari emang paling manteb, apalagi udah sekarang udah jadi kayak taman air dengan berbagai fasilitas tambahan. Ngeliat video mba, jadi pengen kesana lagi nih hehehe…

Emang asyik banget ke curug bidadari, apalagi udah dilengkapi sama taman air dan berbagai fasilitas lainnya.
Lait video mba jadi pengen kesana lagi nih, hehehe..

Mantap kak, wisatanya. Saya melihat videonya jadi menarik tu, yuhhuu.

kalau ibu-ibu pake motor kira-kira rawan gak ya, bu. Jalurnya kayaknya sedikit sulit.

Waah curug bidadari udah banyak berubah dari waktu terakhir aku ke sini ya. :’)

Bogor memang menjadi surganya para Curug… hehe…
keren mbak,

Viewnya keren. Wisatanya gak pake budget gede deh. Bisa jadi salah satu destinasi wisata yang wajib saya kunjungi nih 😀

Mengingatkan yang lupa kak..padahal kmren udah dijadwal..tapi lupa mana lagi yang harus dituju..untung lihat ini..makasih kak infonya..mengingatkan sekali…hhh

Curugna indah kak ita 🙂 saya saka

wah … cantiknya curugnya …. liburan udah dkt ni .. pas bgt ni untuk destinasi liburan mendatang

Wah, dulu pernah ke sentul, tapi curug bidadari belum kaya sekarang

Udah lama pengen kesana tapi belum kesampean juga 🙂 padahal ga jauh2 amat sama lokasi rumah

temaptnya indah banget yah, aku jadi kepingin nih main kesana, semoga aja secepatnya bisa main kesana deh

tempatnya lumayan deket nih dari aku. tp aksesnya cukup sulit ya, sama jalannya juga kurang bagus

tapi keliatannya koq gersang banget ya mbak.

rada kurang sejuk gitu

itu udah lumayan terkenal ya teh? kayaknya kalo sepi seru tuh

wow, ternyata ada tempat yg kyk gt.. kbtulan lagi disana .. thankkss yakk..

boleh nih kapan-kapan kesini bareng keluarga untuk berlibur. Nice artikel kak 🙂

air terjunnya unik, jadi pengen kesana aja. tapi ama siapa ya 😀

baru tau kalau di bandung ada curug bidadari sentul paradise park…. kapan-kapan coba kesana ah 😀

lumayan buat jalan jalan di hari weekend bareng keluarga dan anak anak

Air kolamnya dingin kalai ya kalau dekat curug gitu? 😀

Jual Green Coffee 

eh mba, bukan mas denk , maaf

bener-bener indah ya curugnya, semoga aja suatu saat saya bisa main kesana, doakan ya mas, terima kasih dan salam kenal

    semoga bisa mampir ke curug bidadari yaaa … amin
    salam kenal juga, makasih udah mampir 😉

pernah ke bogor tapi belum sampai mampir ke curug bidadari 😀

Murah meriah nih, jadi list destinasi buat jalan-jalan sama keluarga. :p

Oiya, ini kalau weekdays gak rame kan yah Mbak? Pengen dateng pas sepi aja hehe

curug bidadari udh terlalu biasa mbak, udh coba leuwi hejo belum? di bogor juga mbak, pemandangannya lbh asoy, tapi kalo bawa anak2 sih tetep lbh oke bidadari hehe

Wisata murah, tapi kalau bareng keluarga jadi serasa mewah 😀

Jadi mupeng berkeluarga, eh, jalan-jalan ke sini maksudnya. wkwk

Salam kenal, mbak ei 🙂

Kewreen eiii, wisata murah meriah.
Kapan-kapan perlu dicoba nih

Videonya keren kang, cocok buat yang males kaya doni _-

itu harga tiket masuknya sekarang berapa ya kang.

    harga tiketnya udah ada di postingannya say, ada di foto tiket
    btw, saya teteh bukan akang heuheuheu

Aku pernah mau makan di deket situ dan padahal belum sampe curug bidadari tapi macetnya luar biasa. Mana jalannya kecil dan belum diaspal.

    kemarin sih jalan utamanya udah diaspal, pas mau belok ke lokasi curug jalanannya masih berbatu, tapi masih oke untuk dilewatin

Dulu pernah mau ke curug bidadari tp nyari ga ketemu2 akhirnya turun lagi, daripada udah jauh2 ke bogor ga ngapa2in akhirnya ditunjukin sama temen katanya ada curug yang agak dibawah namanya Curug Cilember. Next klo ke bogor harus kesini (envy)

Cape gak, Mba eiii.. aku masih punya anak umur 4 th, nanti minta digendong terus. Biasanya kalo wisata air terjun itu jalannya cukup sulit.

    ngga cape sama sekali koq, kayak yang ei bilang di tulisan ini, dari parkiran, turun paling 15 anak tangga udah keliatan curugnya, terus jalan menuju curug juga deket banget, jalanannya juga oke

wah keren sekali ya, bikin mupeng

udh lama tau ttg curug ini, tp blm pernah kesana :).. padahal ga jauh2 amat ama jkt ya… tp aku suka ih liat foto2nya… sesuai nama lah ;).. cakepp..

Mba e, jalannya aman klu pake mobil yang keci dan rendah gitu ?

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.