Google AdSense

Perhatiin ga ada yg baru di sayap kanan, di bawah About? Nah, itu adalah tools untuk cari link di web dengan keyword yang di isi di dalem kotak. Koq ada lambang google nya? Iya, karena tools itu menggunakan Google search engine untuk mendapatkan result-nya. Trus koq bisa dipajang di situ? Itu karena site ini sudah eligible alias dapet ijin dari Google untuk pajang search tool – nya. Dapetin ijinnya gimana? Apply ke sini, habis itu Google akan melakukan proses internal selama 2-5 hari kerja. Disetujui maupun ngga, nanti Google akan kirim pemberitahuan ke email yang kita cantumin pada saat apply. Program ini dikasih nama Google AdSense. Emangnya apa untungnya?

Nah ini yang menarik hehehe … Untungnya adalah, pemilik site yang memasang Google Adsense akan mendapatkan keuntungan berupa uang, dari setiap iklan yang di klik yang muncul di area Google Adsense oleh pengunjung site . Lho, mana? Koq yang ada di site ini ga ada iklannya, cuman ada search tool doang. Nah itu dia … jadi Google menyediakan beberapa jenis Google Adsense. Yang iklannya langsung muncul, seperti gambar di samping kanan (gambar nyomot dari sini), namanya Google Adsense for content. Nah, sayangnya untuk site yang primary-nya berbahasa indonesia, Google hanya menyediakan Google Adsense for search dan Google Adsense for feed. Lho, kenapa? Karena oportunis2 di Indonesia yang udah bikin sejarah jelek di mata Google. Jadi dulunya sebenernya site berbahasa Indonesia juga bisa pilih Google Adsense for Content. Tapi kemudian di manfaatkan oleh oknum2 pintar tapi serakah yang ingin dapet uang banyak dengan effort dan modal sekecil2nya tapi meraup keuntungan se-besar2nya. Oknum2 yang pintar itu menggunakan aplikasi software yang membuat seolah2 iklan2 yang muncul secara acak dari Google itu banyak diklik pengunjung site, jadi keuntungan mereka yang memang di hitung dari jumlah iklan yang di klik, menjadi besar secara fiktif.

Awal2nya mereka berhasil, sampai kemudian Google tau dan akhirnya situs2 berbahasa Indonesia sama sekali tidak bisa apply Google Adsense. Beberapa saat ke belakang, baru diperbolehkan kembali, tapi dibatasi, yang bisa di-apply cuman AdSense for search dan AdSense for feed seperti yang udah dibilang tadi.

Trus, kalo bisa pasang Google Adsense for search, dapet keuntungannya gimana? Dapet untungnya kalo gini :

Ada pengunjung site yang menggunakan search tool, terus meng’klik’ resultnya, terus di site yang di klik itu ada content iklan dari google dan si pengunjung site ini mengklik content iklannya.

Buset, panjang banget !! … embeeerrr…
Iya kalo site hasil result yang di klik itu masang Google Adsense for content, kalo ngga ya ga dapet apa-apa donk ??!! … betuuullll…

Jadi ngapain ei daftar dan pasang Google Adsense? Iseng dan pengen tau aja tadinya … Kalo ngehasilin ya sukur, bisa buat bayar hosting dan domain site ini. Kalo ngga ngehasilin ya sutra lah, toh selama ini juga hosting dan domain site ini alhamdulillah bisa bayar dari kantong sendiri ;) .

Gara-gara cuman bisa apply Google Adsense for search dan for feed, ei jadi cari2 info tentang Google Adsense ini. Googling lah … dan ternyata baru deh ngerti : oooow, rupanya ini yang dari dulu ribut2 dibilang marketing online menghasilkan dollar *manggut-manggut*. Dan udah banyak yang menyediakan jasa, bikinin website yang sudah ada Google Adsense-nya. Lha, ei kemana aja selama ini? Koq baru tau? hehehe … ada deeeh mau tauuuuu aja … :P

*semoga Alloh mengampuni mereka2 yang berbuat curang dengan caraNya*

(Visited 38 times, 1 visits today)