Horeee…Kyla dah minum susu UHT

kyla_1thAdek Kyla,
met ultah ya sayang …
semoga selalu sehat, tambah pinter dan semoga ayah bunda selalu ingat untuk selalu memberikan contoh yang baik untuk adik kyla (dan kakak keisha) supaya bisa dijadikan teladan terdekat untuk kalian berdua…
amiiin….

Yup… 3 Juni lalu tepat umur adek Kyla 1 taun. Berhubung adek Kyla belum ngerti arti ulang taun, seperti juga kk Keisha waktu ultah pertama, ayah dan bunda ga bikin acara perayaan istimewa. Cuman titip pesen sama asisten untuk bikin nasi kuning komplit, diwadahin di plastik mika kemasan untuk kemudian dibagi ke tetangga (pas hari kerja soalnya, jadi titip asisten aja yg bikin).

Mau bikin kue koq ya ndilalah tgl 2 malem itu mati listrik :( , maafin bunda ya Nak, biar bunda ga bikin sesuatu yg istimewa, kamu tetep istimewa di hati bunda *mmuuaacchhh*

Nah, seperti juga dulu waktu kk keisha, ritual setelah ultah 1 tahun adalah mengenalkan adek Kyla pada susu UHT. Apa sih susu UHT ? Menurut yang dijelaskan di sini, susu UHT adalah :
“…susu cair segar yang diolah menggunakan pemanasan dengan suhu tinggi dan dalam waktu yang sangat singkat untuk membunuh seluruh mikroba, sehingga memiliki mutu yang sangat baik. Secara kesuluruhan faktor utama penentu mutu susu UHT adalah bahan baku, proses pengolahan dan pengemasannya. Bahan baku susu UHT cair segar adalah susu segar yang memiliki mutu tinggi terutama dalam komposisi gizi. Hal ini didukung oleh perlakuan pra panen hingga pasca panen yang terintegrasi…”

Tulisan tentang susu sapi lengkap juga bisa di baca di blognya mbak lita.

Jadi setelah adek Kyla lulus dengan formula exclusive 6 bulan (hah?! koq formula, kenapa ga asi aja sih? dooooh, panjang ceritanya … baca aja di sini ya. Dan jangan kira ei ga usaha kasih asi untuk Kyla ya… usaha kasih asi ke Kyla sama kayak usaha kasih asi ke Keisha. Tapi ya …apa daya :( ), trus mulai dikasih makanan tambahan, usia setaun saatnya adek Kyla kenalan sama susu UHT. Karena sebelum2nya adek Kyla suka icip2 susu kakaknya, bunda langsung pede kasih adek Kyla 100% UHT ga pake campuran susu formulanya. Hasilnya? begitu minum seteguk, adek Kyla langsung ngelempar botolnya hahaha …. :D . Jadinya kembali balik pake taktik yang dipake untuk Keisha dulu. Awal, campuran dengan komposisi susu formula : UHT –> 3:1  berhasil. Hari kedua dicoba dengan komposisi 1: 1, berhasil. Trus hari ke 4, komposisi UHT diperbanyak lagi dengan perbandingan 1:3, berhasil. Dan akhirnya sejak Sabtu kemarin, kyla udah full minum susu UHT yipppiieee….

Kenapa sih, pilih susu UHT, kenapa ga susu formula yang ditambah2 zat2 additive yang katanya berguna untuk pertumbuhan? Hmmm… menurut diskusi yang bunda & ayah ikutin di milis sehat, kita berdua setuju bahwa setelah anak berumur 1 tahun, yang di ambil dari susu adalah kalsium, sedangkan zat2 yang lainnya yang diperlukan anak, di dapatkan dari makanan.

Lagipula, secara logika aja, kan susu bubuk itu awalnya susu sapi yang aslinya cair. Supaya menjadi bubuk, kebayang ga proses pemanasannya butuh waktu berapa lama, trus dengan pemanasan yang lama, mungkin ga kandungan2 baik dari susu sapi itu tetep dalam kondisi baik/ngga rusak?

Kalo anak di bawah 1 tahun dan ga bisa kasih ASI, ya terpaksa dikasih susu bubuk karena pencernaannya belum siap untuk mengolah susu sapi langsung.

Susu UHT yang dikasih ke 2K pun yang di kemasannya, komposisinya hanya tertulis : susu sapi segar. Yup, ga pake tambahan apapun termasuk rasa dan gula.
Keuntungan lain dari mengkonsumsi susu UHT dibanding susu formula adalah praktis, ga perlu bawa thermos kalo pergi2 ;) .

Ok deh, segitu dulu sharing pengalaman dengan susu UHT. Ada yang mau nambahin? ;)

(Visited 86 times, 1 visits today)

Comments 2

  • Kira juga suka tuh, tapi yang dingin. :( Kalo diangetin atau biasa ajah malah susaaaah. Tapi kalo emaknya di rumah ya, teteb ajah nemplok sambil narik2 baju. “Nenen… nenen…” :p

    Met ultah ya Adek Kyla. Sun sayang dr tante+Kira.

    hmmm seneng banget yg bisa kasih asi ya …

  • hidup UHT lah…. pergi-pergi cukup bawa susu karton :D

    yoih pastinya :P