Mandi hujan, siapa takut?

Waktu masih kecil, mandi hujan adalah sebuah kemewahan. Koq mewah kan ngga perlu bayar? Betul, tidak diperlukan uang untuk dapat melakukannya, tapi diperlukan ijin dari orang tua kita. Dan kebanyakan orang tua tidak mengijinkan anak-anaknya untuk mandi hujan karena khawatir menjadi sakit setelahnya.

Tapi dulu orang tua kami, membolehkan ei dan adik-adik untuk bermain di bawah hujan lho. Syaratnya hanya 2 hal : kondisi badan sedang fit dan hanya jika hujan deras. Kenapa hanya ketika hujan deras? Mama ei bilang karena kalo kena hujan gerimis, bikin sakit kepala. Dan tak satupun dari kami yang mempertanyakan lebih jauh.

Beberapa waktu lalu, ei iseng berselancar di dunia maya sekedar mencari tau alasan ilmiahnya kenapa terkena hujan gerimis bisa bikin sakit kepala tapi hujan deras tidak. Dari sekian tulisan yang di dapat, kesimpulan yang menurut ei paling masuk akal adalah yang terkait dengan suhu tubuh manusia.
Hujan gerimis hanya akan membasahi kepala, dengan demikian suhu kepala akan lebih dingin dari suhu badan secara keseluruhan. Perbedaan suhu pada kepala dan tubuh ini yang menyebabkan pusing atau sakit kepala.
Sementara hujan deras akan membasahi sekujur tubuh, sehingga seluruh tubuh akan memiliki suhu yang sama.

mandi hujan yuk
Mandi hujan yuk

Saat ini, Bogor kota di mana ei tinggal sudah masuk ke musim penghujan. Setiap hari bisa dipastikan hujan turun antara jam 3 sore sampai dengan jam 7 malam. Yah, nama pun kota hujan ya . Waktu untuk 3K main sore dengan teman-teman pun jadi sering terhalang hujan.
Sempat berdiskusi dengan Abang untuk memperbolehkan 3K mandi hujan. Dan hari Sabtu sore kemarin,  ketika langit mulai mendung kami beritahukan bahwa mereka boleh mandi hujan asal kondisi di bawah ini dipenuhi :

  1. Kondisi badan 3K sedang fit.
    Batuk pilek ringan masih oke asal tidak ada demam.
  2. Hanya boleh di hari Sabtu.
    Maksudnya adalah jika setelah mandi hujan jadi tidak enak badan, masih ada hari Minggu untuk seharian istirahat agar badan kembali fit untuk beraktifitas di hari Senin.
  3. Mandi hujan hanya boleh jika hujan deras.
    Dan selesai jika intensitas hujan deras berkurang atau badan sudah kedinginan yang ditandai dengan keriput di ujung jari.

Langsung 2K berteriak “Horeeee!!!” dan tidak sabar menunggu hujan deras untuk segera turun. Keenan sebetulnya sedang batuk pilek, tapi masih bisa ditolerir untuk ikut mandi hujan dengan kakak-kakaknya. Sebelum hujan turun, satu orang teman mereka sedang bermain bersama dan ingin ikut main hujan. Setelah minta ijin orang tuanya, diperbolehkan asal menggunakan jas hujan. Itu makanya ada yang mandi hujan dengan jas hujan di foto atas hehehe  . Dan mereka semua sangat menikmati hujan deras kali ini .

Setelah puas bermain di bawah hujan deras, langsung mandi dengan air hangat dengan membasahi ujung kepala sampai ujung kaki. Setelah itu mereka menikmati teh manis hangat dan langsung makan nasi sebagai makan malam. Malamnya masih ikutan jajan bakso juga.
Alhamdulillah hari Minggu tidak ada gangguan yang mampir mengusik kesehatan mereka. Dan pagi hari tadi, mereka kembali memulai aktivitas minggu ini seperti biasanya.

Jadi, masih takut membolehkan anak-anak mandi hujan?

(Visited 300 times, 1 visits today)

Comments 9

  • waaah…jadi ingat masa kecil mbak..nostalgia dadakan..hehe
    Hujan-hujanan siapa takut!.. :)

  • Sama niy. Waktu anak-anak masih imyut-imyut, jika kondisinya memungkinkan juga anak-anak gw suruh mandi hujan. Awalnya mereka heran, lama-lama malah suka nagih hehehe. Soalnya waktu kecil, gw juga ngga dilarang mandi hujan. So, mandi hujan would be unforgetable memories for kids.

  • Senengnyaaa, anak-anak mba ey ya, ibunya mengijinkan mandi hujan.
    Mba Ey juga ibu bijak, jarang-jarang sekarang ibu mengijinkan mandi hujan, yang ada pokoknya nggak boleh, tanpa mempertimbangkan bahwa hal sederhana itu membawa kegembiraan dan kenangannya akan terbawa sampai mereka dewasa.
    Setuju mba, ijinkan mandi hujan dengan beberapa aturan

  • Kalau ujan2an yg deras sekalian rasanya puas. Aku pernah menikmati ujan2an, dong. Pas masih kecil. Dan itu emang bahagiaaa bgttttt, Mbak. :D

  • aq dulu rajin mandi ujan mak ei.. seruuuu

  • dulu paling demen saya kalo mandi hujan mbak, walopun diomelin tetep aja ujan-ujanan, seru soalnya, tapi kalo Alfi masih belum saya bolehin soalnya dia gampang pilek sih

  • mandi hujan itu menyenangkaaaann :D

    Saya juga punya 3 syarat untuk mengizinkan anak-anak mandi hujan. 2 diantaranya sama, kecuali nomor 2. Buat saya mandi hujan bisa kapan aja asalkan gak lagi UTS, UAS, pekan ulangan, atau ada hal yang penting besoknya. Kalau gak ada yang penting trus abis mandi hujan mereka sakit, gak apa-apa gak masuk sekolah :p

  • Saya suka mandi hujan kalau terpaksa ceritanya rindu gitu masa kecil hehe

  • Tiba2 ngerasa beruntung karena gak pernah dilarang huhujanan *kecuali kalo ujan yg pertama, katanya suka bikin sakit juga :3
    Kalo gerimis mah mana enak juga hujanannya hihi..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *