Nyaman dan Wajar

Kolam teratai Kebun Raya Bogor (depan Istana)

Waktu jaman orientasi masuk SMP dulu, ada sesi pengenalan dari kakak-kakak senior, salah satunya dari kelompok ekstra kurikuler PASKIBRA. Pastinya ei ngga ingat semua kejadian waktu itu ya, tapi ada satu yang paling berkesan sampai sekarang. Yaitu waktu diajarkan posisi tangan kanan saat sikap hormat :

  1. Jari-jari tangan dirapatkan
  2. Tempelkan jari tengah ujung luar alis kanan (tanpa merubah bahu sikut). Bila memakai topi, jari tengah harus menempel ke lidah topi.
  3. Lakukan senyamannya dan sewajarnya.

Jika kemudian ada yang berpikir : ‘Kan boleh dilakukan senyamannya, kalo saya sih nyamannya hormat ya begini gimana donk?  (menunjukkan posisi tangan kanan yang bukan sikap hormat – red)

Kemudian apa yang disampaikan kakak senior ini selalu nempel di kepala ei sampai sekarang.
Ada 2 pertanyaan yang harus dipertanyakan pada diri sendiri saat kita melakukan sesuatu :

  1. Apakah kita nyaman melakukannya?
  2. Apakah yang akan kita lakukan ini wajar?

Jadi jangan melakukan sesuatu jika kita tidak nyaman melakukannya. Dari yang pernah ei baca, pada dasarnya naluri manusia itu mengarah kepada kebenaran, jadi jika sudah tidak nyaman melakukannya berarti ada yang salah.
Sebaliknya, silahkan lakukan apa yang kita mau selama kita nyaman melakukannya dan masih dalam batas kewajaran. Tentunya wajar ini berdasarkan dari nilai yang ada di lingkungan sekitar dan bukan berdasarkan definisi untuk pembenaran terhadap keinginan diri sendiri.

Buat ei, salah satu indikator wajar atau tidak itu adalah :
selama kita leluasa melakukan sesuatu tanpa merasa risih terlihat orang lain, tanpa perlu sembunyi-sembunyi, berarti yang kita lakukan itu masih wajar.
Tapi kalau kita sudah melakukan sesuatu sembunyi-sembunyi, khawatir terlihat orang lain, berarti apa yang kita lakukan itu tidak wajar dari pandangan umum atau malah ada yang salah.

Kalau menurut kamu, gimana ? ;-)

(Visited 31 times, 1 visits today)

Comments 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *