Pake operator/provider apa ya ?

Sering dapet pertanyaan gini : “Ei, gw mau beli modem nih, simcardnya pake operator apa ya yang bagus?”

Hmmm…pertanyaan ini ga bisa langsung dijawab dengan nyebutin salah satu nama operator. Lho koq?! Iya donk, karena ada banyak faktor yg menentukan operator itu bagus apa ngga.

Nah, di bawah ini ei bagi tips untuk memilih operator yang tepat ya.

Modem USB : GSM (3G, HSDPA) atau CDMA (EVDO) ?
Modem USBĀ  atau biasa disebut juga dongle itu diciptakan untuk memenuhi kebutuhan internet dengan mobilitas. Nah, pertanyaannya adalah : modemnya nanti mobilitasnya dalam kota aja atau luar kota juga?
Jawaban pertanyaan tersebut akan digunakan untuk memutuskan membeli modem GSM atau CDMA, karena saat ini belum ada modem yang bisa digunakan sekaligus untuk 2 jenis teknologi tersebut.
Emang bedanya GSM sama CDMA apa sih? Nah, yang ini silahkan googling sendiri ya, panjang ceritanya.
Yang jelas, di Indonesia sini CDMA agak2 ribet kalo dibawa pindah2 kota, harus registrasi dulu untuk dapat digunakan di kota tujuan. Kalo GSM ya bebas.
Paling di sini ei cuman akan bantu yang termasuk operator GSM adalah : Telkomsel, Indosat, XL, Tri, Axis. Sementara operator CDMA adalah Telkom (Flexi), Bakrie Telecom (Esia/AHA), Indosat (Starone), Smartfren dan Sampoerna Telecom

Simcard
Kalo modemnya sudah ditentukan, tinggal cari simcardnya. Kalo udah punya jawabannya, silakan cek di tempat2 itu operator apa yg sinyalnya paling kuat. Dan cek juga dapat layanan datanya apa? GPRS-kah? EDGE?-kah atau HSDPA-kah? (HSDPA adalah layanan data dengan kecepatan tertinggi untuk GSM saat ini – red).
Layanan data itu berpengaruh sama kecepatan yang akan didapat ketika kita melakukan koneksi internet.

Kecepatan untuk layanan data
Perlu di ingat bahwa tidak ada operator yang memberikan service dedicated bandwidth untuk customer retail (perorangan). Jadi, kalo ada operator yang bilang “Speed up to 3,1 Mbps” itu adalah maksimal kecepatan yang bisa dinikmati oleh pelanggan jikaaa….untuk BTS yang sama penggunanya cuman satu orang yaitu si pelanggan itu sendiri ;-) . Which is rasanya kemungkinannya keciiiil sakali kan ya? Jadi jangan terlalu berharap ya :-D .
Kecepatan yang dinikmati oleh pelanggan layanan data, akan sangat dipengaruhi oleh beberapa hal :

  • besarnya bandwidth yang dikonfigurasi oleh operator ke BTS dimana kita melakukan koneksi.
  • banyaknya pelanggan yang menggunakan layanan data di satu BTS bersamaan.
  • seberapa jauh jarak BTS yang didapat untuk melakukan koneksi data ke modem.

Sampai sini setuju dengan ei kan kalo menjawab pertanyaan di atas tadi ga bisa dengan mudah menyebutkan salah satu nama operator ? ;-)
Yup, jadi satu operator bagus menurut seseorang, belum tentu bagus juga untuk orang lain. Itu makanya ei juga sekarang ini punya lebih dari 1 simcard untuk memenuhi kebutuhan ber-internet.
Koq kayaknya ribet ya, masa harus tes semua operator? Saat ini simcard perdana dapat dibeli dengan mudah dan murah, worth it koq beli semua simcard perdana untuk akhirnya dapet pencerahan yang mana yang akan di isi ulang :-)

Setelah 3 langkah di atas membantu kita ambil keputusan modem dan operator apa yang dipilih, baru deh pilih2 paket2 layanan data yang disediakan oleh operator tersebut. Memilih paket layanan data ya harus disesuaikan dengan kebutuhan kita akan data itu sendiri. Misalnya, untuk heavy user yang banyak download entah itu email dengan attachment, youtube, streaming ataupun yang lainnya, sudah pasti carilah paket data yang kuotanya besar dan tinggi kecepatannya. Tapi kalo hanya untuk browsing2 aja, update blog, upload/download data yg ukurannya kecil2 aja, ya bisa berlangganan paket data yang layanannya sedang2 aja.

Gimana? Cukup mencerahkan? Atau malah ada tambahan masukan ? Kalo ada masukan jangan sungkan tinggalin komentar yaaaa …
Semoga bermanfaat yaaaa…..

gambar simcard pinjem dari sini

(Visited 302 times, 1 visits today)

Comments 11

  • thank you artikelnya :D…

    kami pakenya modem GSM yg paketannya Telkomsel Flash tapi sempet bermasalah di awal2 beli. trus pernah pake Three, dan sekarang pake Axis yg pro unlimited… tapi saat ini Axis di daerah kami sedang ada migrasi jaringan TT.TT

    ngiler juga ama modem CDMA, adik kami pake Smartfren dan memang bagus jaringan/coveragenya di daerah kami…

    jadi pengen pindah ke modem CDMA deh…

  • mw nanya dunk… ada bedanya sim card husus buat internet sama sim card yg biasa buat HP. ?? soalnya klo diliat dari harga jauh bangt, trs klo modem pke sim card yg biasa di pakai buat Hp kualitasnya sama ga sama sim card yg husus buat internet itu… apa jangan2 sama aja kedua duanya ? mohon pencerahan nya… terima kasih sebelumnya

    sependek yang saya tau, kualitasnya itu ada di type simcard nya itu sendiri. Kalo mau kenceng-an internet nya, cari yang cardnya sudah 64K. Biasanya sih kalo yang khusus buat internet rata2 sudah 64K simcardnya, untuk yang biasa buat HP masih banyak beredar yang 32K

  • Berdasarkan pengalaman saya, pake modem Flxi Android sipp banget, krn cuma Rp.50.000,- (perbulan) sdh unlimited. Adapun regristrasinya mudah by sms: reg bulanan, kirim ke 2255.
    krn flexi menggunakan teknologi CDMA jika ke luar kota harus di combo (*777 call). Tks silahkan mencoba

    ei : thanks for sharing yaaaa, salam kenal :-)

  • mantap juga ulasannya nih mbak ei

    ei : xixixi, jadi malu, masih dangkal koq ulasannya ndra, berdasarkan pengalaman pribadi doang (blush)

  • […] to a mobile internet plan, just in case the coffee shop’s Wi-Fi isn’t working. Find out here for tips on selecting a mobile internet […]

  • Saya pengguna internet dengan kecepatan tinggi… Saya membutuhkan quota yg besar… Mhn binbingan dengan operator apa yg cocok dgn kbthan saya… Soalnya paket unlimited cuma nama aja,setelah quota nya habis trun drastis hingga 10kb/s

    ei : udah pernah coba paket unlimitednya smartfren? Quotanya unlimited, tapi speednya di batasin cuma 384 kbps

  • Betul kata TW. National roaming data gak perlu registrasi. Kalo voice + SMS baru deh si ijo harus Go-Go

    sip sip … noted :-D

  • eehhh … CDMA bisa dibawa keluar kota tanpa registrasi kok :p Asal jangan yg ijo

    Speed nya udah up to 14,7Mbps pun

    tambah 1 pertanyaan lg:
    Mau konek inetnya dari daerah mana? ada di peta gak? Kalo gak terjangkau coverage ya maaap

    makasih ralatnya … jadi tau deh sekarang, met ultah ya sistaaaa… (cozy)

  • Dimarahin de lho, bilang CDMA ribet dibawa-bawa… CDMA dia kan seluler :p
    Sekalian meluruskan persepsi, kalo’ untuk data, CDMA nggak perlu di-registrasi apapun bisa lgs digunakan kok yi :D kecuali voice & sms yaa, perlu di GO-GO. Begono menurut pengalaman mah… :D
    ooowwhhh iyaaahhh, lupa ada cdma yang seluler xixixi… maap maap …. (worship)

  • Inilah masalah yang selalu muncul mbak >_<

    Memang kecepatan tiap operator harus liat tempat2 dulu. Gara-gara percaya ama omongan orang, kdg2 udah dipakai dan udah bayar utk sebulan, eh pas dipakai loadingnya sekarat banget, hidup segan mati tak mau…Ada yang awalnya lancar jaya, eh makin kesononya makin banyak bikin ngucap istighfar…ribeeet….

    Banyak trial dan error deh, saban bulan ganti-ganti T_T

    *eh curhatnya kepanjangan yak?*

    heuheuheu, gpp panjang juga, tapi emang tipikalnya gitu koq. Karena pengguna internet juga kan modelnya akan nemplok kemana operator yang lowong kekekek. Nah karena semua pengguna lari ke operator yg lowong itu, lama2 si operator itu jadi ga lowong lagi, jadi padet. Kalo udah padet ya … mau gerak juga susah hehehe ;-)

  • artikel yang bagus :)
    banyak orang tergiur dengan harga murah tanpa mengecek terlebih dahulu kekuatan sinyal di tempatnya. Mau murah kalo sinyalnya jeblok juga percuma ya, mak.. yang ada esmosi buah hahaha..

    he eh, trus ntar nyalahin yg rekomendasiin deh :-P