Pie Buah aka Fruit Pie

Dah lama pengen bikin pie buah, baru bisa memantapkan tekad wiken kemaren hehehe. Bikin kulitnya sabtu malem, abis anak2 tidur. Pake resep yang diambil dari page nya Klub Berani Baking (KBB). Vla nya pake vla napoleon-nya mbak fat modified by mbak riana dari NCC ditambah 1/4 sdt lemon oil. Kulit pie nya enak, renyahnya pas, vla & buahnya segeeeer, pokonya nyam nyam deh …

Kulit Pie

sumber : Klub Berani Baking (KBB)

Bahan :

  • 300g tepung terigu
  • 150g mentega tawar, iris dadu
  • 5 sdm gula
  • 2 kuning telur
  • 3 sdm air dingin

Cara Membuat :

  1. Masukkan tepung, mentega dan gula di dalam food processor, lalu proses hingga tercampur rata, tambahkan kuning telur (memakai pulse, supaya mengadoninya kemungkinan besar dapat tercampur rata dengan kecepatan tinggi dan waktu yang pendek). Proses hingga menjadi remah-remah. Tambahkan air sedikit demi sedikit. Jika remahnya menjadi lebih besar (maksudnya sudah terkumpul), matikan mesin dan periksa apakah pastry bisa dikumpulkan jadi satu jika ditekan-tekan menggunakan jari (tekannya pelan-pelan aja, just to make sure). Keluarkan ke atas meja kerja dan kumpulkan (jangan uleni) hingga membentuk bulatan besar. (cara yang paling baik adalah tidak dengan meremas2 adonan supaya tidak mendapatkan hasil pastry yang keras/rubbery. Kumpulkan adonan ke atas plastik, kalau bisa langsung dibentuk seperti bola lewat cara merapatkan seluruh ujung plastik menjadi satu sehingga membentuk bola, jadi tidak menggunakan jari jemari anda untuk membentuk apalagi meremas adonan.
  2. Setelah terkumpul membentuk bola diamkan di kulkas selama kurang lebih 30 menit.
  3. Keluarkan dari kulkas, buat bulatan2 adonan yang besarnya kira2 kalo digiling, cukup untuk menutup cetakan kulit pie. Giling sampai ketebelan kurang lebih 1/2 cm,  tutupi cetakan kulit pie, tekan-tekan dengan ujung jari hingga memadati seluruh dasar loyang. Trim pinggiran pie/tart lalu tusuk dasar pastry dengan garpu. Sisihkan sebentar selama 30 menit.
  4. Panggang suhu 180C selama 15-20 menit atau hingga pastry kelihatan kecoklatan.

Vla Napoleon

sumber : http://pennylanekitchen.blogsome.com/2005/07/31/napoleon-a-la-pennylane/

Bahan :

  • 800 cc susu
  • 100 gr gula kastor (modified. Original recipe: 200 gr)
  • 5 btr kuning telur
  • 50 gr tepung maizena
  • 100 cc whipped cream
  • 1 sdm mentega tawar

Cara Membuat :

  1. Cairkan tepung maizena dengan sebagian susu, sisihkan. Kocok kuning telur dengan garpu, cairkan dengan sedikit susu, sisihkan.
  2. Didihkan Susu dan gula, masukkan campuran maizena, aduk rata, kecilkan api.
  3. ‘Pancing’ larutan kuning telur dengan sedikit adonan susu panas, lalu masukkan larutan kuning telur ke dalam campuran susu, aduk rata.
  4. Masukkan whipping cream, aduk lagi dan didihkan sekali lagi.
  5. Angkat dari api, masukkan 1 sdm mentega, aduk hingga mentega leleh dan tercampur rata (permukaan vla jadi mengkilat).
  6. Tambahkan lemon oil, aduk rata.

Penyelesaian :

  1. Didihkan : 1 bks agar2, 750 air, 5 sdm gula pasir, sisihkan
  2. Tuang vla ke kulit pie matang yang sudah dingin dengan menggunakan plastik segitiga.
  3. Susun potongan buah2an di permukaan vla
  4. Tuangkan larutan agar2 yg belum mengeras ke atas susunan buah dengan menggunakan sendok, biarkan sampai larutan agar2 mengeras.
(Visited 748 times, 1 visits today)

Comments 2