Rendang-nya Mama

Hehehe, iya judulnya rendangnya Mama. Abis, resepnya emang dari Mama. Kemaren tiba2 aja kangen rendang buatan Mama tapi pengen yang isinya campuran daging sama kacang merah. Doh, ga tau kenapa neh, doyan banget sama kacang merah. Di freezer masih ada daging sapi yang dibeli udah 2 mg-an kekekek (tuh kan ketauan deh malesnya :P ). Langsung deh nelp ke Mama di Bandung, “Ma, rendang yang biasa Mama bikin tuw bumbunya apa aja?”. Seperti biasa ukuran bumbu tergantung selera, silahkan diintip aja hasil resepnya ya.

Oh iya, resep aslinya sih, santannya asli dari kelapa parut yang diperas, tapi demi mengakomodir kemalasan ei, kali ini ei ganti dengan santan instan kemasan kekekek (dua kali tuw ketauan males, 3 kali sama tips yang di bawah :D )

Rendang Daging Kacang Merah

Bahan :

  • 350 gr daging sapi untuk rendang (sandung lamur kalo ga salah ya?)
  • 250 gr kacang merah, cuci bersih
  • 100 ml santan instan, encerkan dengan 600 ml air –> santan encer
  • 150ml santan instan, campur dengan 300ml air –> santan kental
  • 1 lembar daun kunyit
  • 6 lembar daun jeruk
  • Minyak untuk menumis

Bumbu dihaluskan:

  • 10 buah cabe merah (ei campur 5 cabe merah besar dan 5 cabe merah keriting, kalo doyan pedes, tambah lagi aja cabe merah keritingnya)
  • 8 siung bawang putih
  • 3 ruas jari kunyit
  • 2 ruas jari jahe
  • 3 ruas jari lengkuas
  • 3 batang sereh (diambil bagian daging dalemnya aja)
  • 1 sdt garam

Cara Membuat :

  1. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan daun kunyit dan daun jeruk, biarkan jadi layu
  2. Masukkan daging & kacang merah, aduk2 sampai semua daging berubah warna dan keluar sedikit minyak
  3. Masukkan santan encer, setelah mendidih, kecilkan api, biarkan sampai santan agak mengering
  4. Masukkan santan santan kental, biarkan sampai agak kering, sambil sesekali diaduk biar ga gosong bawahnya (kalo ei lebih suka rendang yg ga terlalu kering, jadi nyemek2 gitu deh, duw, apa ya bhs indonesianya :D )

Tips :

  • Kalo males ngulek kayak ei ;) , untuk ngehalusin bumbu, pake bantuan chopper blender (kalo di kemasannya sih untuk ngehalusin daging). Ngehalusin pake chopper ga perlu dikasih tambahan air/minyak, jadi ga ngurangin citarasa bumbu. Nah, untuk ngilangin sugesti menghaluskan bumbu dengan alat elektrik hasil masakannya kurang mantep, ngehalusinnya 1/2 halus aja, abis itu tuangin ke coet (cobek), baru deh halusin lagi pake tenaga dalam :P .
  • Kata Mama, kalo untuk masakan sehari-2hari habis, boleh pake bawang merah, tapi kalo mau awet lama, ga usah pake bawang merah, bawang putih aja. Meskipun buat sehari habis, kali ini ei ga pake bawang merah.
(Visited 108 times, 1 visits today)

Comments 2

  • ei… di depok ada lho santan peras mesin. kentel banget bahkan dari perasan tangan sekalipun dan yg penting fressshhhhhh…..
    setahu ku yg ada di ps agung depok 2 tengah. ayo maen2 kedepok n awet kok kl di simpen di frezzer dan mengakomidir kemalasan kita :))

    emmmhhh…ntar2 deh, kalo jalan ke depok nya ngga kena virus ‘males’ nyobain ke situ ;)

  • Mba Ei, kalo di resep aku, kacang merahnya enakan di goreng dulu. Jadi saat dia udah mateng bareng2 si daging, kacangnya jadi crunchy2 dikit gitu. Tapi kan lagi2 tergantung selera yah? Hihi.. kapan dong si rendang diangkut ke PK? :)

    gitu ya mbak, iya deh next time coba kacang merahnya di goreng dulu ;)