Serabi kinca ini salah satu makanan tradisional favorit di rumah. Selama ini ei belum pernah berhasil bikin serabi yang berlubang (bersarang) dan mumbul menul-menul (duh apa ya kata yang benernya). Jadi hasilnya tidak berlubang dan kempes (datar).

Hari Rabu kemarin pas libur kejepit tengah minggu, seharian hanya di rumah terus. Entah kenapa koq ya males banget keluar rumah, padahal harusnya ei belanja ikan karena persediaan di kulkas udah habis.
Siang langit udah mulai mendung, tiba-tiba kepikiran kalo sore-sore hujan makan serabi kinca dengan teh panas koq kayaknya asik ya.

serabikinca2Periksa bahan-bahannya sepertinya cukup untuk buat serabi putih karena ngga punya daun suji dan juga pasta pandan. Bikin kincanya duluan supaya waktu serabi mateng kincanya udah dingin.

Dan ei seneng banget karena serabinya bersarang dan menul-menul, cantik dilihatnya hehehe.

Serabi Kinca

Bahan Kinca : 

  • 3 gula merah, jumlah beratnya kira-kira 200 gr , iris-iris
  • 2 kemasan santan instan @65 gr
  • 2 lembar daun pandan , di ikat atau di iris pendek2
  • 1 sdt garam
  • 600 ml air

Bahan Serabi :

  • 200 gr tepung beras
  • 200 gr tepung terigu
  • 1 sdt pengembang roti
  • 1/2 sdt baking powder double acting
  • 1 sdt garam
  • 2 sdt gula pasir
  • 3 butir telur
  • 1 kemasan santan instan @65 gr dicairkan dengan 600 ml air

Cara membuat kinca : 

  1. Masukkan ke dalam panci susu : irisan gula, air & daun pandan sampai mendidih dan semua gula larut
  2. Saring larutan gula
  3. Masukkan kembali larutan gula ke dalam panci susu, masukkan santan dan garam, aduk, didihkan sebentar. Sisihkan

Cara membuat Serabi : 

  1. serabikinca1Campur rata bahan kering dalam satu wadah  : tepung beras, tepung terigu, pengembang roti, baking powder, gula pasir
  2. Hangatkan larutan santan, jangan sampai panas, cukup hangat saja. Kalau terlanjur panas, biarkan dulu agar menjadi hangat.
  3. Tuang larutan santan hangat ke dalam bahan kering sedikit demi sedikit, aduk, sampai semua tepung larut dan tidak ada lagi yang menggerindil
  4. Kocok lepas telur kemudian masukkan ke campuran adonan, aduk rata. Kalau khawatir masih ada yang menggerindil, setelah telur masuk, adonannya boleh disaring.
  5. Biarkan selama 30 menit (adonan biasanya agak berbusa)
  6. Panaskan loyang serabi di atas kompor, tuang margarin, ratakan
  7. Tuang adonan serabi, tunggu sampai berlubang-lubang, baru ditutup sampai matang, angkat.
  8. Sajikan serabi dengan kuah kinca.
(Visited 720 times, 1 visits today)
Last modified: March 5, 2020

Author

Comments

Jadi ngiler liat foto masakannya..terimakasih sudah berbagi

Di rumah ada penggorengan untuk buat serabi ini, tapi sayang kalau bikin ini di rumah selalu bantet, kira kira ada bahan apa yang kurang ya mbak ei?

Saya suka banget makan serabi tapi harus sama kincanya Mbak..!

emang enak sih makanan ini, tapi di daerahku makanan ini disebut dengan apem

ini ibuku setiap ada acara selalu buat ini, emang enak sih makananya

Wah. Terimakasih banyak atas resepnya. Sangat membantu

Terimakasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat.
Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
http://indonesia.gunadarma.ac.id

*edited by admin*

di tempatku namanya apem mbak, bentuknya mirip bngt kayak gitu.
bawahnya rada gosong biasanya.. tapi tetep enak..hhe

tapi sayangnya sekarang sudah agak jarang ada yang jual..

dulu waktu kecil suka banget makan serabi asin gurih pake santan kelapa…
sekarang di bandung udh banyak banget varianya :D

Kapan-kapan bikin ah, cuman biasanya baca di resep paham, bikinya gagaaaal, hahahaha.

Di tempatku namanya apem Mbak, manis rasanya :)

entar eikeh praktekin ya

yummmyyy, aku pikir itu makanan khas korea mbak ei hehe

wiww, keliatannya enak banget tu :-)

pernah buat tapi gagal, tapi jadi tertantang lagi nih wkwk.. sekalian icip refrensi sedikit dari sini, makasih kak :)

Wah enak nih serabinya
sy biasanya makan surabi bingung di daerah ciputat
Salam dari pecinta serabi :) {RN}

Wah bentuknya mirip kue kamir (kalau aku sebutnya dorayaki ^^ ) ya.. biasanya sama umi ditambah kismis di tengahnya, jadi seperti kue lumpur..
Oya, salam kenal kak Ei :)

Kalo di daerah saya Sidoarjo, biasanya serabi disajikan dengan petulo. Berasa kayak ada legit-legitnya gitu :D

saya lebih seneng serabi yang asin ketimbang serabi manis..
kalo di bandung banyaak yg jual, udah trend malah :D

Hmmm…haruuum. Aku jdi pingin buat. Hahaha…nyari cetakan duluuu. Nanti kalqu jdi buat tak lapor ke sini, Mbak. :D

mungkin dikasih toping lebih enak kali ya

baking powder double acting itu apa ya mbak? Maklum, masih newbie :D

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.