Tertampar bolak balik

Sabtu kemarin jam 8 malam, ei nonton tv, acaranya Najwa Shihab episode Mereka Yang Perkasa.
Acara ini menampilkan :

  • Eva Susanti Bande – Aktivis Perempuan Agraria,
  • Butet Manurung – Pendiri Sokola Rimba dan
  • Mama Aletha- Pejuang adat Timor.

Meskipun ei kagum sama mereka bertiga, tapi ei ngga akan bahas ketiganya. Untuk yang ingin tau lengkapnya, silahkan nonton langsung di link ini ya :

https://youtu.be/HroI9dfDkNY

Kali ini ei hanya ingin sorot Butet Manurung. Seorang gadis sederhana yang meninggalkan semua kenyamanan yang bisa diraih dari kehidupan di “dunia terang”. Berangkat menerobos masuk “dunia gelap” , dengan tujuan berbagi ilmu, mengajarkan baca tulis kepada manusia penghuninya.
Hanya untuk bisa diterima oleh penduduk “dunia gelap” dan meyakinkan mereka bahwa niat Butet adalah tulus tanpa maksud terselubung, dibutuhkan waktu 7 bulan. Mempelajari bahasa mereka agar proses belajar-mengajar dapat lebih mudah dilaksanakan, dibutuhkan waktu 1 tahun.
Beberapa kali mempertaruhkan nyawa baik karena berhadapan dengan binatang buas seperti ular phyton atau beruang. Juga ketika berhadapan dengan bajingan2 illegal logging yang berniat mencuri kayu di hutan.

Tapi resiko itu tidak menyurutkan semangatnya untuk mendapatkan hikmah bahwa “dunia gelap” adalah guru kehidupannya yang mengajarkan 2 hal :
1. Hidup itu lucu
2. Keren itu adalah ketika kita bisa melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain.

Blog ini adalah salah satu cara ei untuk berbagi. Bulan kemarin, sebulan penuh blog ini tidak ada update dengan alasan kesibukan urusan kantor dan rumah. Padahal menyempatkan update ditengah kesibukan urusan kantor dan urusan rumah itu sangat sangat sangat tidak sebanding dengan pertaruhan nyawa cerita Butet Manurung di atas.
Pun ei ngga sempat untuk blogwalking, sekedar berkunjung untuk membaca hal yang dibagi oleh penulisnya atau mengambil pengalaman orang lain untuk dijadikan cermin atau sekedar tersenyum sambil bergumam dalam hati “hmmmm, hidup itu lucu”.

Itulah yang bikin si empunya blog ini merasa tertampar bolak balik.
Ah, semoga teman-teman ei semua baik-baik saja ya (cozy)

Oh iya, meskipun terlambat sehari, mau ngucapin selamat Hari Pendidikan Nasional buat semua guru hebat di Indonesia (worship)

*featured image pinjem dari sini*
(Visited 104 times, 1 visits today)

Comments 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *